Beroperasi Agustus, Tol Ini Tembus Bojonggede

by -

METROPOLITAN – Proyek Tol Depok Antasari (Desari) seksi 1 yang menghubungkan Antasari-Brigif sepanjang 5,80 km segera diresmikan pada Agustus 2018. Nantinya, ruas tol yang akan tembus ke Bojonggede itu akan digratiskan selama satu bulan.

Sesuai rencana, Tol Desari seksi 1 akan diresmikan sebelum 17 Agustus 2018. Deputi Proyek Manajer PT Citra Waspphutowa Indra Purnadi memastikan tarif gratis selama satu bulan. “Jadi nanti setelah itu operasi dulu dengan free (gratis, red) sebulan, baru setelah itu pakai tarif,” kata Indra, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Untuk tarifnya sendiri, Indra mengatakan, hingga kini masih belum ditentukan pemerintah. Namun ia memperkirakan bahwa tarif tol ini berkisar antara Rp1.100-1.200 per km.

“Kalau secara global itu tarif tol di Indonesia kan berkisar Rp800-1.500 per km, tergantung dari jenis konstruksinya dan nanti pemerintah yang hitung. Tapi kira-kira sekitar Rp1.100 sampai Rp1.200 lah,” jelasnya.

Ia melanjutkan, peresmian tol itu akan dilakukan setelah uji layak fungsi. Nantinya juga akan menunggu jadwal dari Presiden Joko Widodo. “Akhir Juli selesai, kita estimasi awal Agustus diresmikan. Tunggu jadwal RI 1 (Jokowi, red) untuk diresmikan,” tuturnya.

Tol Desari terdiri dari 3 seksi, yakni seksi 1 menghubungkan Antasari-Brigif dengan panjang 5,80 km, seksi 2 Brigif-Sawangan sepanjang 6,30 km dan seksi 3 Sawangan-Bojonggede 9,50 km. (de/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *