Cocok untuk Bangun Suasana Kebatinan

by -

METROPOLITAN – Istana Batu Tulis seakan menjadi saksi bisu setiap pertemuan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di Jalan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, bangunan dengan cat tembok putih itu berdiri megah. Keberadaan Istana Batu Tulis sendiri, tak bisa lepas dari sosok Presiden RI pertama, yaitu Presiden Soekarno.

Istana Batu Tulis merupakan bagian dari perjalanan bersejarah di Indonesia. Istana Batu Tulis adalah tempat peristirahatan yang paling disukai oleh Presiden Soekarno.

Dan saat ini, kesukaan itu juga menurun pada putrinya, Megawati Soekarnoputri. Ahli waris Soekarno menggunakan Istana Batu Tulis untuk bertemu sejumlah tokoh sebelum memutuskan sesuatu hal yang sifatnya sangat penting.

Baca Juga  Rayakan Kelulusan, Pelajar Goyang Striptis

Tahun ini saja belum genap satu bulan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah dua kali menjamu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Batu Tulis, Bogor. Pertama pada Selasa (13/6/18) dan berikutnya Minggu (8/7) malam kemarin.

Empat bulan sebelumnya, Megawati juga mengundang Jokowi ke Istana Batu Tulis. Tepatnya tiga hari sebelum PDI Perjuangan pimpinan Megawati mendeklarasikan Jokowi sebagai calon presiden 2019-2024. 

Istana Batu Tulis memang memiliki arti penting bagi Mega. Tak jarang keputusan penting yang akan diumumkan Megawati dirundingkan dulu di Istana kelangenan mendiang Presiden Sukarno tersebut. 

Sebelum dengan Jokowi, pada 2009 lalu Megawati melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Setelah pertemuan itu, Mega dan Prabowo sepakat maju Pilpres 2009 sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baca Juga  Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Naik

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menjawab soal alasan Mega yang lebih memilih Istana Batu Tulis untuk membahas rencana politiknya ke depan.

“Istana Batu Tulis sangat cocok. Teduh, menghadap Gunung Salak dengan gemuruh air sungai yang menciptakan suasana kontemplatif, serta membangun suasana kebatinan yang baik untuk membahas berbagai agenda strategis bangsa dan negara, jauh di atas kepentingan pribadi atau golongan. Semua yang dibahas untuk kemajuan Indonesia Raya,” kata Hasto.

Adapun soal isi pertemuan Megawati dan Jokowi tak lain untuk membahas calon pendamping RI 1.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarno Putri. Megawati memastikan saat ini Jokowi tinggal menunggu momen saja untuk mengumumkan calon wakilnya.

Baca Juga  Gerindra Buntuti PDIP

Pengumuman dilakukan pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar,” ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima, kemarin.(de/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *