Dinilai Pro Asing, HMI Tolak Kebijakan Bupati

by -

 

METROPOLITAN – Himpunan Mahasisa Islam (HMI) Cabang Sukabumi menolak keras terhadap kebijakan pemerintah daerah (pemda) yang dinilai pro asing dan kapitalis. Penolakan itu dilakukan dengan menggelar aksi damai di kantor halaman Pendopo Kabupaten Suabumi di Jl Ahmad Yani Kota Sukabumi, kemarin (16/07).

Koordinator lapangan, Ripal Rinaldi, mengatakan bahwa dalam pengambilan kebijakan seharusnya tidak hanya menguntungkan satu pihak, terlebih jika kebijakan yang diambil pemerintah pro terhadap asing dan kapitalis, sedangkan warga pribumi sangat dirugikan. “Tidak hanya soal kebijakan yang pro asing dan kapitalis, ada kontradiksi visi-misi dan RPJMD Kabupaten Sukabumi,” tegasnya disela unjuk rasa.

Dikatakan Ripal, penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) seharusnya sesuai dengan visi-misi. Karena, hal ini merupakan penjabaran penting kedepannya. Sebagai contoh, di visi-misi disebutkan memperkuat UMKM tetapi di RPJMD tidak dibahas. “Jelaslah ada kontradiksinya. Contoh yang lain, di visi-misi honor guru Madrasah Diniyah 100 persen, tapi di RPJMD tidak dibahas,” beber Ripal.

Baca Juga  KAJI HASIL PEMBANGUNAN, MARWAN TEMUI MASYARAKAT

Sementara peraturan daerah (Perda) RTRW dinilai pro kapitalis yang merugikan masyarakat secara umum, khususnya pengusaha lokal dan penggiat UMKM. Termasuk, kawasan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang merupakan bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi ketahanan pangan tidak dijaga dengan baik.

Tidak hanya soal kebijakan, kewenangan bupati turut disoroti dalam hal ini penataan kawasan industri yang semraut dan pembiaran penambahan kuota minimarket, yang jelas-jelas sangat merugikan pengusaha lokal dan ini tidak bisa dibiarkan. Sementara itu, dalam aksi tersebut belum ada tanggapan pihak Pemda, sehingga aksi susulan pun direncanakan akan kembali digelar di Palabuhanratu. (lan/ade/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *