Gelar Rakor, PPIHD Evaluasi Kegiatan Sebelumnya

by -

 

 

METROPOLITAN – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kabupaten Sukabumi 2018, kemarin menggelar rapat koordinasi (rakor) pemberangkatan jamaah haji di kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi, Jalan Pelabuan Dua, Kecamatan Lembursitu. Hal ini dikarenakan pelaksanaan pemberangkatan jamaah haji tinggal menghitung hari.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi yang juga penanggungjawab PPIHD, H. Abas Resmana, meminta agar peserta rapat melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kegiatan tahun sebelumnya. “Tahun sekarang kegiatan harus berjalan dengan sukses tanpa ekses. Lakukan penilaian dan evauasi kegiatan tahun kemarin,” pintanya.

Selain itu, H.Abas meminta semua panitia dapat bekerja secara maksimal. “Kita pastikan mereka aman. Saya meminta panitia untuk bekerja dan bisa mengawasi dan memfasilitasi peserta haji termasuk barang-barang yang mereka bawa khawatir ada yang memanfaatkan situasi,” jelasnya

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Sosial dan Saran Keagamaan, H. Unang Sudarma, menyampaikan bahwa setiap kegiatan harus sesuai dengan tagline Kabupaten Sukabumi. Ia pun mengusulkan bahwa perangkat daerah di Kabupaten Sukabumi dapat menjadi koordinator keberangkatan. “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, terlebih dari sisi administrasi selanjutnya dari sisi pelayanan, tentunya kita harus lebih proposional,” jelas pria yang akrab disapa Aang Unang, yang juga wakil ketua panitia penyelenggara.

Dalam kegiatan tersebut semua panitia diberi tugas secara detail sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing – masing sesuai surat keputusan bupati Sukabumi no 451.14/kep.383-Sk/2018 tentang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah 1439H/2018M.

Bukan hanya itu, dalam rapat tersebut juga di sampaikan rencana keberangkatan dan kepulangan jamaah haji. Kloter 33 rencananya akan diberangkatkan pada Kamis 26 juli 2018, sementara pemulangannya direncanakan pada Kamis 06 September 2018. Selanjutnya untuk Kloter 45 rencana pemberangkatan pada Senin 30 Juli 2018 dan pemulangan Senin 10 September 2018.

Pun demikian, Kloter 53 rencananya akan diberangkatkan pada Kamis 02 Agustus 2018 dan rencana pemulangan pada Kamis 13 Sep 2018. Terakhir untuk Kloter 86 akan diberangkatkan pada Sabtu 11 Agustus 2018 dan direncanakan pemulangan pada Sabtu 22 September 2018. “Ini baru rencana, mudah – mudahan semua dapat berjalan dengan lancar tanpa ada perubahan lagi dari pihak kementrian. Ini merupakan jadwal dan informasi terakhir,” terang ketua panitia rapat, H. Ramlan Rustandi. Dikatakan Ramlan, pemberangkatan jemaah haji direncanakan dilaksanakan di Pusat Pengembangan Da’wah Islam (Pusbangdai) Kecamatan Cikembar. (hep/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *