Kesulitan Rumput, Harga Hewan Kurban Bisa Meroket

by -

METROPOLITAN –Hari Raya Idul Adha tinggal sebentar lagi. Saat ini para jamaah haji sebagian sudah berada di Saudi Arabia.Bagi umat Islam,Idul Adha adalah hari qurban untuk saling berbagi. Hewan ternak seperti sapi dan kambing menjadi mahal, bagi sebagian orang yang berjiwa wirausaha, bisnis hewan ternak menjadi sangat menggiurkan. Namun memasuki musim kemarau ini, keadaannya menjadi sangat sulit,karena rumput untuk makanan ternak sangat sulit didapat.

“Cari rumput sekarang susah,selain musim kemarau,lahan hijau yang biasa ditumbuhi rumput juga sudah banyak yang jadi bangunan,” ungkap Madyani,peternak kambing di Desa Ciburuy. Akibatnya,lanjut dia,saat ini  para peternak kambing sudah mulai mengurangi jumlah ternaknya,karena kesulitan mandapat rumput. “Daripada tidak makan lebih baik kambingnya dikurangi dengan cara dijual,” katanya lagi.

Menurut penjual hewan Qurban,Iwan (47), hal itu tentunya akan berakibat pada mahalnya harga hewan ternak pada Idul Adha mendatang. “Kalau memang ternaknya langka,ada kemungkinan nanti harganya jadi mahal,” beber dia.

Untuk itu,sambungnya,kemungkinan besar hewan – hewan qurban yang masuk ke Bogor adalah yang berasal dari Jawa dan sumatera. “Biasanya kalau di sana lahan masih terbuka dan rumput masih banyak,para peternaknyapun sudah banyak yang masuk pada peternak besar,” tandasnya.(ash/b/suf )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *