KPU Bantah Berkonspirasi dengan Panwaslu

by -


METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor membantah telah melakukan pertemuan dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bogor sebelum rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur (Pilgub) dan wakil gubernur serta pemilihan bupati (pilbup) Bogor 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor Erik Fitriadi mengatakan, kabar adanya pertemuan KPU dan Panwaslu untuk memenangkan salah satu paslon saat pleno merupakan fitnah yang entah dari mana datangnya.

“Pertemuan dengan Panwaslu itu tidak pernah ada. Tanggal 3-4 Juli itu yang ada kami rapat persiapan pleno dengan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). Jadi tidak ada satupun Panwaslu di situ. Ini murni KPU dengan PPK.
Kabar yang ada itu isu yg dihembuskan entah darimana, kami pun tidak tahu. Tidak ada sama sekali pertemuan itu,” terang Erik.

Menurutnya, selain persiapam pleno, pertemuan di PPK dilakukan lantaran ada kesalahan dalam penulisan daftar pemilih di lapangan. Untuk itu, KPU melakukan sinkronisasi antar daftar pemilih yang sudah ditetapkan dengan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh), dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Baca Juga  PKB Incar Santri untuk Jadi Politisi

“Kami hanya melakukan singkronisasi karena kami liat di lapangan terjadi kesalahan dalam penulisan daftar pemilih,” ujarnya.

Erik memastikan, persiapan pleno dengan PPK sama sekali tidak mengubah hasil perolehan suara. Sebab bila pun hal itu ada, akan terbukti saat pleno berlangsung.

“Tidak ada perubahan perolehan suara sama sekali, kami pastikan itu. Boleh dicek sekarang, kalau ada pasti ketahuan di pleno. Karena substansi rekapitulasi itu dua yang bisa diperdebatkan, pertama prosedur kedua selisih hasil. tapi kan tidak ada selama pleno berlangsung soal selisih hasil itu. Hanya merapikan teknis saja,” jelas Erik.

Sebelumnya, beredar kabar KPU melakukan pertemuan terbatas dengan Panwaslu selama dua hari sebelum rapat pleno rekapitulasi. Rapat ini diduga untuk mencocokkan data saksi untuk memenangkan salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Bogor 2018. (fin/b/sal)

Baca Juga  Santri Tamansari Doain Jaro Ade Jadi Bupati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *