KPU Mulai Buka Pendaftaran Caleg

by -

METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor hari ini (kemarin-red)  mulai membuka pendaftaran untuk calon legislatif (caleg) yang akan maju di pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Pendaftaran akan dibuka hingga 17 Juli mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Teknis, Perencanaan dan Data Ummi Wahyuni mengatakan, meski pendaftaran baru dibuka 4 Juli, KPU Kabupaten Bogor telah memberikan akses kepada partai politik (parpol) untuk mendaftarkan caleg yang akan diusung. Akses tersebut berupa aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang wajib diisi.

“Pendaftaran dibuka mulai 4-17 Juli 2018. Saat ini kami sudah mulai memberikan user ID berikut password Silon untuk tiap parpol. Karena sekarang pendaftarannya harus hardcopy dan softcopy,” kata Ummi saat ditemui Metropolitan di ruang kerjanya, kemarin.

Sejauh ini, dari 16 parpol peserta pemilu 2019, sudah 15 parpol yang mengambil ID Silon untuk diisi. Ummi juga menyarankan setiap parpol memiliki operator masing-masing untuk menginput data-data yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran. Selain itu, parpol diminta mengisi Silon sesegera mungkin agar jika ada persyaratan yang kurang nantinya bisa dilengkapi sebelum masa pendaftaran berakhir.

Hingga saat ini sudah 15 partai yang mengambil user ID. Keduanya nanti dikumpulkan beserta persyaratan lainnya sesuai aturan yang ada.

“Jadi sekarang sudah mulai bisa diinput. Sarannya, meskipun masih cukup panjang waktu pendaftaran, kami minta parpol sudah mulai melakukan input karena membutuhkan waktu. Jangan diinjury time baru sibuk sehingga persyaratan yang kurang bisa dilengkapi,” pesannya.

Untuk memudahkan parpol mengisi Silon, KPU nantinya akan membuka help desk atau pojok bantuan. Help desk ini diharapkan mampu membantu parpol dalam melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

“Nanti juga kami membuka help desk di KPU, untuk membantu parpol ataupun caleg yang kesulitan atau ingin bertanya,” ungkap Ummi.

Setelah masa pendaftaran, KPU akan melakukan verifikasi administrasi daftar calon pada 5 – 18 Juli 2018. Dilanjut penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon kepada parpol 19-20 Juli. 22-31 Juli perbaikan daftar calon anggota serta pengajian bakal calon pengganti.

1-7 Agustus verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat calon. 8-12 Agustus penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS). 12-14 Agustus pengumuman DCS anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/kota dan persentase keterwakilan perempuan. 12-21 Agustus masukan dan tanggapan masyarakat. 22-28 Agustus permintaan klarifikasi kepada parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS. 29-31 Agustus penyampaian klarifikasi dari parpol kepada KPU. 1-3 September pemberitahuan pengganti DCS. 4-10 September pengajuan penggantian bakal calon. 11-13 September verifikasi pengganti DCS. 14-20 September penyusunan dan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). 21-23 September pengumuman DCT. (fin/c/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *