Nasib Lingkar Dramaga Nggak Jelas

by -

DRAMAGA – Pelaksanaan pembangunan jalan lingkar Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor diharapkan selesai pada 2018 mendatang. Saat ini, pengerjaan baru selesai pada tahan pengerasan jalan saja. Percepatan pembangunan jalan sepanjang lima kilometer ini, diharapkan bisa mengurai kemacetan arus lalu lintas di Jalan Raya Dramaga.

“Jalan lingkar ini sangat dibutuhkan, karena masyarakat yang melintas di jalan Raya Dramaga sudah sangat mengeluh karena kemacetan terjadi setiap hari,” ujar Kepala Desa Dramaga Yayat Supriyatna saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan Jalan Lingkar Dramaga sudah lama terkatung-katung. Rencana pembangunan sudah ada sejak tahun 2008, namun karena pembebasan tanah yang sangat alot, pembangunan ini tertunda hingga 10 tahun.

“Mudah-mudahan tahun ini (2018) pembangunan jalan lingkar tidak terkendala lagi. Sehingga keluhan tentang kemacetan di kawasan Dramaga bisa teratasi,” ucapnya

Sementara itu, Kasubag Program pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor, Rameni yang ditemui di lokasi proyek mengatakan kepastian pembangunan Jalan Lingkar Dramaga akan selesai pada 2018.

”Pembangunan jalan lingkar ini akan selesai tahun ini. Sekarang tidak ada kendala, semuanya sudah siap. Termasuk anggarannya sudah dialokasikan,”terangnya

Pembangunan jalan ini, sambung dia, sudah sangat mendesak. Setiap hari warga menghabisakan waktu berjam-jam di Jalan Raya Dramaga akibat kemacetan arus lalu lintas. Jika terjadi kemacetan parah, untuk menembus jalan antara Terminal Laladon hingga depan Kampus IPB Dramaga.

“Kalau sudah terjebak macet, untuk melalui jalan yang panjangnya hanya sekitar dua kilometer itu, bisa menghabiskan waktu dua hingga tiga jam,” singkat Ny. Lina salah seorang warga Cibeureum, Kecamatan Dramaga. (khr/b/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *