Proyek Bandara Sukabumi Terganjal Tataruang

by -

METROPOLITAN,  – Kepala Bidang (Kabid) Transportasi Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Nining Yuliastiani memastikan bahwa rencana pembangunan Bandara Sukabumi di wilayah kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi terkendala tataruang.

Kondisi ini membuat proses pengadaan tanah belum dapat dilaksanakan. Karena didalam Peraturan daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sukabumi dan provinsi belum memuat secara jelas rencana pembangunan bandara tersebut.

“Pengadaan tanahnya belum bisa dilakukan, karena harus terlebih dahulu kita mempersiapkan dari segi perencanaan dan peraturan sebagai dasar hukum rencana pembangunan bandara termasuk memasukan rencana tersebut kedalam Perda RTRW,” kata Nining saat ditemui usai rapat  koordinasi pemrov jabar dengan pemkab sukabumi di aula Dishub kabupaten sukabumi, Cikembar, Selasa (24/7).

Menurut dia, Sebelum melangkah ke pembebasan lahan, tentunya rencana tersebut harus dimasukan terlebih dahulu ke dalam Revisi Perda RTRW. Karena kita tidak bisa terlalu lama menunggu revisi perda tersebut, ini harus ada Rekomendasi dari Pak Gubernur yang menyatakan bahwa dalam revisi Perca RTRW tersebut akan tercantum rencana pembangunan Bandara sukabumi.

“Dalam pembangunan ini kita belum bisa langsung ke tahap pembebasan lahan, tapi harus terlebih dahulu mempersiapkan dari segi peraturannya. Setelah dimasukan kedalam RTRW baru tahapan tahapan selanjutnya dapat dilakukan, ” jelasnya.

Jadi saat ini, pertemuan yang dilakukan di Dishub Kabupaten ini,  kita semua fokus ke persiapan dalam segi peraturan, katanya. (Ade/feb) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *