Sekda: Jamkesda untuk Gakin yang Belum Punya Jaminan

by -

METROPOLITAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri, menyampaikan bahwa jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) merupakan jaminan bantuan pembayaran biaya pelayanan kesehatan yang diberikan pemda kepada masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan apapun. Hal tersebut disampaikan sekda saat menggelar pertemuan tim koordinasi Jamkesda tingkat Kabupaten Sukabumi 2018 yang dikuti 30 orang peserta dari berbagai OPD terkait di Hotel Agusta Cikukulu, Rabu (25/7).

Menurut sekda, hingga saat ini Pemkab Sukabumi masih menyelenggarakan pengelolaan pembiayaan Jamkesda sampai 2019. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat keluarga miskin (gakin) baru yang belum tercover menjadi quota peserta Jamkesmas. “Maka untuk menuntaskan hal tersebut memerlukan kerjasama yang baik antara pihak pemangku kebijakan, masyarakat dan pihak provider dalam hal ini BPJS,” jelasnya.

Baca Juga  Jasad Pria Paruh Baya Ditemukan Menggantung di Tebing Sungai Cibodas

Dijelaskan sekda, Pemkab Sukabumi telah mengintregasikan peserta KIS PBI Daerah ke BPJS Kesehatan sebanyak 63.031 jiwa di 47 kecamatan melalui Dinas Sosial dan sudah di distribusikan. Untuk 2018, rencananya akan mengintregasikan peserta jamkesda yang sudah mempunyai kartu jamkesda dan sisa verivali sebayak 40.000. “Tujuan rapat koordinasi ini adalah untuk memperoleh kesepakatan bersama perihal rencana intregasi KIS-PBI Daerah menuju UHC 2019 dan pelaksanaan program Jamkesda 2018,” jelasnya. (hep/ade/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *