Pedagang Hewan Kurban Mulai Mendulang Berkah

by -

METROPOLITAN – Meskipun Idul Adha masih beberapa minggu lagi, pe­dagang hewan kurban mulai ber­aksi. Di sejumlah tempat mulai dibangun lapak hewan kurban. Ada yang dibangun secara pero­rangan, ada juga yang kolektif. Mereka kebanyakan pedagang musiman. Bahkan, ada yang dari luar wilayah.

”Setiap tahun kami memang menjual hewan kurban di sini. Jadi, masyarakat sudah tahu. Kadang ada yang sudah pesan dari jauh-jauh hari,” ungkap pedagang kambing asal Ciawi, Didin. Jika kambing su­dah dipesan, sambung dia, biasanya disimpan dulu di lapak, dipelihara sampai Lebaran Kurban tiba.

Hal serupa dikatakan pedagang hewan kurban lainnya, Yadi (46). Dia memaparkan, lapak yang di­bangunnya ini untuk beberapa orang alias patungan. ”Kalau bangun sen­diri biayanya mahal. Kalau ramai-ramai kan bisa lebih ringan. Kalau ramai dengan hewan kurban bisa menarik calon pembeli karena ba­nyak pilihan,” bebernya.

Lapak di Jalan Veteran Telukpinang itu menjadi tujuan utama bagi pem­beli hewan kurban di Ciawi. Bukan tahun ini saja, lapak tersebut memang menjadi langganan perniagaan hewan kurban menjelang Idul Adha. ”Sudah dari dulu langganan di sini. Biasanya pedagang sudah paham, sehingga tidak terjadi tawar-menawar harga,” ungkap pembeli kambing di lapak Telukpinang, Yahya.(ash/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *