30 Persen Keterwakilan Perempuan Terpenuhi

by -

METROPOLITAN – Sebanyak 16 partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 di Kabupaten Bogor telah mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg)-nya. Secara keseluruhan, KPU Kabupaten Bogor menyatakan persyaratan minimal 30 persen keterwakilan perempuan sudah terpenuhi.

“Di pendaftaran awal, semua parpol memenuhi kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan. Tidak ada parpol yang kurang atas persyaratan tersebut,” kata Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Teknis, Perencanaan dan Data Ummi Wahyuni.

Meski demikian, KPU akan tetap melakukan verifikasi terhadap bacaleg perempuan yang diusung parpol. Untuk verifikasi perbaikan, sudah dilakukan sejak 1-7 Agustus 2018. “Kami akan tetap verifikasi berkas bacaleg perempuan sama seperti yang lain. Jadi tidak begitu saja diloloskan hanya untuk memenuhi kuota minimal,” terangnya.

Baca Juga  Tahapan Pileg dan Pilpres Dimulai Oktober 2017

Menurut Ummi, hasil verifikasilah yang menentukan lolos atau tidaknya bacaleg. Untuk itu, KPU tidak akan segan-segan melakukan pencoretan jika memang terbukti tidak memenuhi syarat setelah melalui proses verifikasi. “Siapa pun, termasuk bacaleg perempuan yang tidak memenuhi syarat, tidak bisa melanjutkan. Ya semoga saja bacaleg perempuan yang daftar bisa memenuhi syarat,” tandasnya. (fin/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.