45 Orang Tenaga Pendidik YPI Al Barokah Dilatih

by -

METROPOLITAN – Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Barokah Cikembar, Kabupaten Sukabumi menar­getkan masuk sebagai sekolah inklusif tahun ini. Berbagai upaya pun telah dilakukan, salah satunya dengan mengge­lar diskusi penguatan pendidi­kan inklusif untuk semua jenjang pendidikan mulai RA, DTA, MTs, MA dan SMK digelar di Kampus 1 YPI al Barokah teoatnya di Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 8,5 Kebon Jeruk RT. 01/10 Desa Sukam­ulya, Kecamatan Cikembar.

”Tujuannya, agar membawa man­faat dan memotivasi guru inklusif untuk meningkatkan pendampingan­nya kepada para siswa yang berkebu­tuhan khusus,” ujar Kepala MTs AI Barokah Cikembar, Dwi Wara Wury­andari kepada Metropolitan.

Pelatihan tersebut kata Dwi, diikuti oleh 45 orang tenaga pendidik diling­kungan YPI Al Barokah. Bahkan, di­buka secara resmi oleh Pengawas Pendidikan Madrasah Kemenag Ka­bupaten Sukabumi, Bapak Urip Mulya.

Pihaknya juga mengundang, Nara­sumber Sajidin dan Tim dari SLBN Handayani Cibadak. Tujuannya untuk mengupas permasalahan dalam men­didik dan membina siswa siswi dan sosialisasi Sekolah/Madrasah Ramah Anak (SRA/MRA). ”Kami menargetkan tenaga pendidik yang ada saat ini menjadi guru inklusif. Sehingga, terus berupaya mela­kukan pendampingan maksimal terhadap peserta didik,” kata Dwi, selaku Ketua Panitia Ke­giatan tersebut.­

Baca Juga  PKS Apresiasi dan Setujui Pemkab Sukabumi Cabut Perda IG

Dwi menjelaskan, pada se­kolah inklusif setiap anak se­suai dengan kebutuhan khus­usnya, semua diusahakan dapat dilayani secara optimal dengan melakukan berbagai modifikasi dan atau penyesu­aian, mulai dari kurikulum, sarana dan prasarana, tenaga pendidikan dan kependidikan, sistem pembelajaran sampai pada sistem penilaiannya.

”Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif adalah sekolah yang menampung semua murid di kelas yang sama. Sekolah ini menyedia­kan program pendidikan yang layak, menantang, tetapi di­sesuaikan dengan kemam­puan dan kebutuhan setiap murid maupun bantuan dan dukungan yang dapat diberi­kan oleh para guru, agar anak-anak berhasil,” pungkasnya. (lan/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *