BPBD Distribusikan Air Bersih

by -

METROPOLITAN – Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mendistribusikan air bersih ke sejumlah wilayah ter­dampak kekeringan. Seperti Desa Pasirgaok dan Bantarjaya. Distri­busi air bersih tersebut merupakan kerja sama antara BPBD dengan PDAM Tirta Kahuripan. Sebab, hingga saat ini tercatat ada ratusan ribu rumah tangga yang kesulitan air bersih.

Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bogor, Tubagus, mengatakan, warga yang terdampak kekeringan kondisinya sangat kesu­litan air bersih. Untuk sehari-hari ada dua desa di Kecamatan Ranca­bungur. ”Hari ini (kemarin, red) satu tangki air bersih dengan vo­lume 5.000 liter di Kampung Ban­tarkambing, RT 01/07. Setelah ke­marin kami mendistribusikan juga ke desa ini,” ujarnya kepada Metro­politan, kemarin.

Dampak kekeringan juga dirasakan warga di kecamatan lainnya. Di an­taranya Kecamatan Tenjo dan Ke­camatan Ciampea. Akan tetapi, masih banyak warga yang melapor­kan kekeringan ke pihak desa dan hingga kini belum ada laporan resmi dari aparat desa setempat ke BPBD dari kecamatan lain. ”Jika tidak ada laporan, maka BPBD kesu­litan mendapatkan informasi valid,” katanya.

Sementara itu, warga Desa Bantar­jaya, Nani Hartini (45), mengaku sangat terbantu dengan bantuan air bersih dari BPBD Kabupaten Bogor. ”Kami sudah seminggu kesulitan air. Untuk mandi sih ada air dari sumur. Tapi buat minum dan masak nggak bisa pakai air sumur, soalnya keruh,” ungkapnya. (dyn/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *