HIDROPONIK: Solusi KONKRET Manfaatkan LAHAN Sempit

by -

METROPOLITAN – Meningkatkan kualitas perekonomian keluarga serta memperbaiki kualitas sayuran untuk dikonsumsi, merupakan beberapa alasan diselenggarakannya pelatihan tatacara bercocok tanam dengan metode hidroponik yang diselenggarakan Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKAUT) bekerja sama dengan Kampus Harisma School of Business (HSB), Dramaga, Kabupaten Bogor, belum lama ini.

Keinginan bercocok tanam namun luas lahan terbatas, tak lagi jadi hambatan. Dengan menggunakan peralatan sederhana, seperti Rockwool (spon khusus hidroponi), bibit sayuran dan tusuk gigi, masyarakat kini bisa bercocok tanam, meski hanya memiliki sebidang lahan yang tidak terlalu luas.

Linda Amalia Sari Gumelar menuturkan, kegiatan ini merupakan bukti konkret kepedulian IKA UT dalam meningkatkan kualitas pangan dan perekonomian masyarakat. Tak hanya itu, ia juga berharap kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan menjadi solusi jitu pemanfaatan lahan sempit agar lebih produktif.

Baca Juga  PSM Makasar Incar Tiga Poin

”Ini merupakan program rutin tahunan yang kami selenggarakan. Semoga dengan adanya pelatihan hidroponik dapat meningkatkan kompetensi masyarakat, khususnya di sektor pertanian,” pungkasnya. (ogi/b/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *