Kopel Anggap Ganti Keramik Rp1 M Pemborosan

by -

METROPOLITAN – Proyek penggantian keramik di Plaza Balai Kota Bogor senilai Rp 1 miliar mendapat sorotan Komite Pemantau Legislatif (Kopel). Koordinator Advokasi Kopel Anwar Razak mengatakan, penggunaan anggaran seharusnya bisa digunakan secara bijak dengan menentukan berbagai aspek prioritas utama. “Pada dasarnya anggaran peruntukannya untuk masyarakat, serta diperuntukan bagi pelayanan dasar untuk masyarakat itu sendiri,” kata Anwar saat dikonfirmasi Metropolitan.

Anwar menjelaskan, kendati melengkapi sarana dan prasarana penunjang pemerintahan merupakan satu hal yang wajar, namun tetap saja harus mengedepankan kepentingan masyarakat. Disinggung soal angka dana rencana anggaran, Anwar mengaku dengan total anggaran yang hampir mencapai 1 milyar tentu merupakan satu pemborosan. “Renovasi boleh saja, tapi dengan angka yang logis, seharusnya anggaran tersebut bisa digunakan dan dialokasikan untuk sesuatu yang lebih penting sepeti pendidikan dan kesehatan, yang masuk dalam kategori layanan dasar,” katanya.

Baca Juga  Dinkes Kota Bogor Kerja Bareng PD PPJ

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku keramik di halaman Balai Kota itu sudah seharusnya diganti. Sebab ia sering mendapat kritikan dan masukan dari berbagai pihak terkait kondisi lantai. “Silau, licin dan berbahaya. Apa lagi lapangan itu sering kita gunakan untuk beragam kegiatan. Jadi rencananya akan diganti bagian umum,” tutur Bima kepada Metropolitan, kemarin.

Ia juga mengatakan, nominal anggaran yang mencapai Rp1 miliar itu termasuk proyek kecil. Saat ini proyek renovasi Plaza Balai Kota itu masih dilelangkan di Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Kota Bogor. “Untuk detailnya saya kurang tahu pasti kapan bisa kita mulai, yang pasti keramik lapangan akan segera diganti. Karena sering ada keluhan siswa jatuh karena licin. Intinya dirapihkan saja. Ini kegiatan kecil, tidak besar,” ucap Bima.

Baca Juga  Bangun Kebersamaan, Tambah Keakraban

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Umum pada Sekretariat Kota Bogor Yadi Cahyadi mengakui, penggantian keramik diperuntukkan demi mempercantik halaman Plaza Balai Kota Bogor. Selain sering digunakan untuk beragam kegiatan, sambungnya, adanya beberapa kerusakan di bagian tertentu, jadi alasan dianggarkannya proyek renovasi tersebut. “Memang betul nanti ada perbaikan. Saat ini sedang dalam tahap lelang,” singkatnya.

Kabag Administrasi Pembangunan dan Pengadaan Barang dan Jasa (Adalbang) Setdakot Bogor Rahmat Hidayat menambahkan, berdasarkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) proyek renovasi tersebut ditaksir mencapai angka Rp998.754.922, dengan kurun waktu sekitar 90 hari masa kerja. “Kira-kira di angka segitu,” tegasnya.

Sebelumnya, neski masih terlihat bagus, keramik di halaman Balai Kota Bogor bakal diganti. Anggarannya cukup fantastis karena menyentuh angka Rp1 miliar. Kabarnya, proyek milik Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Bogor itu bakal merombak keramik dengan bebatuan andesit. Informasi proyek renovasi Plaza Balai Kota itu tertera pada www.pengadaan.id. Dalam situs tersebut, proses lelang dengan nama paket Belanja Pemeliharaan (Renovasi) Plaza Balaikota Bogor masih berjalan sampai Selasa (14/8) di website Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bogor. Lelang tersebut ternyata sudah kedua kalinya. (ogi/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *