Mahasiswa FKIP UNIDA Ubah Singkong Menjadi Pempek

by -

METROPOLITAN – Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda Bogor menyulap singkong dan ubi menjadi pempek. Eksperimen ini dilakukan para mahasiswa yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. “Kami berinovasi dengan membuat pempek dari bahan dasar singkong, jajanan mengenyangkan dengan nama Pempek Bising, singkatan dari Ubi Singkong,” kata mahasiswa KKN Tim 8 FKIP Unida Bogor, Dewi Pratiwi, kemarin.

Menurutnya. hagasan muncul karena pihaknya ingin membuat sesuatu yang berbeda. Biasanya pempek terbuat dari daging ikan dan tepung kanji. Nah, pihaknya membuat dari tepung ubi ungu, juga tepung singkong di giling dengan ikan udang kecil. “Itu bahan utamanya,” ujarnya.

Baca Juga  Kenapa Ada 2 Versi Cerita KKN di Desa Penari: Pengakuan Akun SimpleMan

Lalu, anggota tim lainnya, Sri Wulandari menambahkan, dengan modal Rp29 ribu, tim bisa menghasilkan 40 pempek ukuran standar, untuk kemudian dipasarkan. Para mahasiswa pun mensosialisasikan kepada warga desa soal inovasi produk ini, karena punya nilai jual berbeda dan menjadi pendorong pendapatan warga Desa Kopo. “Harapannya, warga terpacu jadi lebih kreatif berinovasi, peluang usaha untuk menambah penghasilan,” singkatnya.

Terpisah, Dosen Pembimbing FKIP Unida Bogor La Ode Amril menuturkan, sebagai makanan khas Indonesia, singkong yang diolah mahasiswa KKN FKIP Unida menjadi pempek, merupakan inovasi pangan yang menambah varietas dan kuliner Indonesia. Khususnya, di Desa Kopo, Kecamatan Cisarua. “Semoga kreatifitas ini menambah semangat mahasiswa untuk terus berinovasi disegala bidang,” pungkasnya.(ryn/b/rez)

Baca Juga  1.595 Atlet Berlaga Di Pekan Olahraga PJKR FKIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *