Rutin Gelar Jumat Sehat hingga Jumat Kaulinan Lembur

by -

Satu dua.. Satu dua.. Begitu pekik siswa-siswi SMP Taruna Andigha, Kecama­tan Bogor Tengah, Jumat (3/8) pagi. Anak-anak begitu antusias mengikuti olahraga di halaman sekolah bersama kepala sekolah dan segenap staf guru. Ternyata, ada kegiatan unik tiap Jumat di yayasan milik Andi Surya Wijaya tersebut. Apa itu?

Laporan: Ryan Muttaqien

Kepala SMP Taruna Andigha, Aldillah Rahman, mengatakan, mulai tahun ajaran kali ini, ada berbagai kegiatan tematik setiap Jumat yang diikuti semua siswa, mulai dari kelas 7 hingga kelas 9. Hal ini sebagai kegiatan tam­bahan guna menambah wawa­san siswa dan menanamkan budaya baik bagi kepada siswa. ”Mulai tahun ini, ada Jumat Se­hat, Jumat Literasi, Jumat Bersih, Jumat Ngaji dan Jumat Kaulinan Lembur. Diadakan pagi sebelum jam pelajaran sampai jam 9 pagi,” kata Aldi, sapaan karibnya.

Baca Juga  Duh, Pemkab Ribut-ribut Soal Penutupan THM saat Puasa

Bukan tanpa alasan ia menerap­kan kebijakan tersebut. Ada ber­bagai tujuan yang disisipkan dari tiap giat Jumat tersebut. Jumat Sehat, yang dilakukan pertama kali minggu lalu, bertujuan untuk menyehatkan jasmani para siswa, sehingga konsentrasi dalam mengikuti pelajaran pun mening­kat.

”Tahun ini SMP Taruna Andigha fokus ke olahraga bela diri Kateda, dengan mendatangkan pelatih khusus. Olahraga ini mengatur pernafasan, diharapkan mening­katkan kerja otak dan konsen­trasi siswa. Lebih dari itu, nantinya bisa saja ada potensi untuk ikuti berbagai lomba bela diri, di ber­bagai level,” ucapnya.

Selain itu, di minggu berikutnya ada kegiatan tematik tiap Jumat lainnya. Seperti Jumat Literasi yang punya tujuan untuk me­nambah wawasan dan keper­cayaan diri siswa. Sebab, tidak hanya membaca, siswa pun diminta untuk bercerita kepada rekan-rekan dan gurunya, dari buku yang dibaca.

Baca Juga  Ahli Ngemiks Warna Rambut Sesuai Keinginan Pelanggan

Adapun Jumat Ngaji, sebagai bentuk upaya sekolah mening­katkan keimanan dan ketakwaan siswa. Nantinya para siswa ber­sama pengajar akan melakukan salat jamaah, sembari diisi dengan tausyiah. ”Harus seimbang, an­tara bacaan akademik, dengan mengaji,” ujarnya.

Sedangkan untuk Jumat Ber­sih, sambung dia, siswa akan diberi stimulus untuk bisa men­jaga lingkungan, tidak hanya di dalam sekolah, tetapi sampai ke lingkungan sekitar sekolah. Diharapkan inisitatif siswa un­tuk selalu hidup bersih akan tertanam. Terakhir ada Jumat Kaulinan Lembur, kami ingin anak-anak zaman now juga tahu, apa saja mainan tradi­sional, supaya bisa eksis terus. Ini bermaksud menanamkan ide kepada siswa, untuk selalu menjaga budaya kearifan lokal dalam mejalani kehidupan,” paparnya.(ryn/b/els/py)

Baca Juga  Haris Dijamin Dapat Perawatan Medis

Leave a Reply

Your email address will not be published.