Sebelum Lahiran, 15 Kali Muntah-muntah

by -

METROPOLITAN – Di balik kabar bahagia keluarga Presiden Joko Widodo, terselip cerita perjuangan Kahiyang Ayu selama proses kehamilan. Putri semata wayang Jokowi pernah blakblakan bicara soal perjuangan sebagai seorang calon ibu. Bahkan, Kahiyang menyampaikan isi hatinya sampai menitikkan air mata.

Dilansir dari laman Instagram Kahiyang Ayu, kakak dari Kaesang Pangarep ini mengunggah video tentang isi hatinya soal menjadi ibu.

“Nggak bisa digantiin, nggak bisa diungkapin juga pakai kata-kata gitu. Nikmatin saja semua proses, mulai dari kehamilan, mulai nanti menjadi ibu mulai merawat. Intinya dinikmati sama disyukuri. Jadilah anak yang bisa menjadi contoh yang baik buat orang lain. Jadi seorang ibu pastinya bakalan menjadi pengalaman yang luar biasa. Menikmati semua prosesnya gitu, menjadi ibu itu luar biasa,” ujar Kahiyang Ayu, Kamis (26/7/2018).

Selama masa kehamilan, Kahiyang Ayu buka-bukaan terkait kondisinya di mana mengalami morning sickness seperti yang dialami ibu hamil lainnya.

Namun Kahiyang menyebut ngidam yang dialaminya sudah cukup parah. “Kebanyakan ibu hamil mengalaminya juga ya, yang katanya morning sickness itu. Cuma aku morning sickness-nya tarafnya wah banget gitu. Saking parahnya berat sampai turun 7 kg,” katanya.

Mual dan muntah yang dialami Kahiyang dalam sehari bisa sampai 15 kali pada awal hingga lima bulan kehamilan. “Sudah luar biasa dahsyatnya lah,” ungkapnya.

Ditambah lagi kondisi Kahiyang juga mengalami kesulitan tidur atau istirahat. Ia hanya ingat pesan ibunya, Iriana Jokowi, untuk menjaga kehamilan pertamanya. “Jangan makan yang aneh-aneh,” ucapnya menirukan pesan sang ibu.

Suaminya, Bobby Nasution, juga ikut berpesan terkait kehamilan Kahiyang. “Ya sudah lah ini buat pengorbananmu jadi ibu. Dinikmati saja gitu. Kalau nggak gitu kamu nggak tahu rasanya jadi ibu,” tutur Kahiyang menirukan pesan Bobby.

Kemarin, Kahiyang pun bisa melahirkan putri pertamanya dengan selamat di Rumah Sakit Ibu dan Anak YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/8).

Buah hati Kahiyang dan Bobby itu lahir dengan proses persalinan caesar pada pukul 05:05 WIB. Bayi perempuan ini menjadi cucu kedua dari Presiden Joko Widodo.

“Alhamdulillah, pukul 05:50 WIB tadi telah lahir anak Bobby dan Kahiyang,” ujar Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers di rumah sakit usai menemani proses kelahiran Kahiyang.

Selama proses persalinan, Kahiyang didampingi keluarga besarnya. Sang suami berserta keluarga juga datang ke rumah sakit untuk melihat bayinya yang dilahirkan secara caesar itu. (de/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *