Transmart dan Yogya Jadi Buruan Pelamar

by -

METROPOLITAN – Dari 30 perusa­haan yang membuka lowongan peker­jaan di Bursa Kerja Expo 2018, PT Trans Retail Indonesia (Transmart) dan PT Akur Pratama (Yogya) jadi buruan pelamar. Tak heran jika dua stan perusahaan ini diserbu pencari kerja (pencaker) yang berdatangan dari Kota dan Kabupaten Bogor.

Pada hari terakhir kemarin, even Bursa Kerja Expo yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor masih dipadati pen­caker. Mereka rela antre untuk menyimpan berkas-berkas la­maran di stan yang tersedia . Even yang digelar di lantai 4 Mal BTM itu merupakan kegiatan rutin setahun sekali yang selalu dinanti pencaker.

Kepala Bidang Penempatan, Perluasan Kerja dan Trans­migrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakernas) Kota Bogor, Wirna Lasmina­wati, menuturkan, tahun ini terdapat lebih dari 1.500 lo­wongan pekerjaan dari 30 pe­rusahaan. Dua hari kemarin terdapat 5.971 pencaker yang datang untuk melamar peker­jaan di Bursa Kerja Expo 2018.

Banyaknya pencaker di Bogor yang masih membutuhkan pe­kerjaan. Beberapa perusahaan sangat antusias dengan even yang diselenggarakan disnaker­trans. Hal itu membuat pihaknya berencana menggelar even yang sama pada 2018 ini.

Baca Juga  Bos PDJT Pede Dapat 80 Bus

“Jadi, beberapa perusahaan banyak yang minta agar even seperti ini jangan hanya dise­lenggarakan satu tahun se­kali. Kita memang akan ren­canakan membuat even yang sama namun dengan konsep berbeda. Entah akan diselen­ggarakan di kampus atau di tempat lain,” paparnya.

Even lowongan pekerjaan ini rencananya diselenggarakan satu tahun dua kali. Bahkan, jika memungkinkan bisa sampai tiga kali dalam satu tahun agar mengurangi penumpukan pen­caker di Bogor. “Ini saja yang melamar kerjanya banyak se­kali, melebihi lowongan yang ada. Artinya even seperti ini memang harus sering diadakan. Kalau tidak memungkinkan akhir tahun ini nanti awal tahun de­pan,” jelasnya.

Sementara itu, terdapat dua perusahaan yang menjadi men­jadi buruan pencaker, yaitu Transmart dan Yogya. Kurang lebih 1.200 surat lamaran yang masuk dengan enam lowongan pekerjaan di Transmart. Pada­hal hanya 20 sampai 50 orang yang dibutuhkan. Sedangkan di Yogya, ada 1.141 berkas la­maran yang masuk. Meski mem­buka lima lowongan pekerjaan, hanya 30 orang yang bakal lolos seleksi. (mgh/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *