Bagi-bagi Penghargaan hingga Beri Bantuan ke Lombok

by -

METROPOLITAN – Saat menjadi pembina upacara di Peringatan Hari Pramuka ke-57, Bupati Sukabumi Marwan Hamami tidak hanya mengingatkan tentang keberadaan pramuka sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia juga memberikan berbagai tanda penganugerahan dan mengumpulkan bantuan untuk warga Lombok.

Saat menjadi pembina upacara di Peringatan Hari Pramuka ke-57, Bupati Sukabumi Marwan Hamami tidak hanya mengingatkan tentang keberadaan pramuka sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia juga memberikan berbagai tanda penganugerahan dan mengumpulkan bantuan untuk warga Lombok.

Dalam upacara di Sat Radar 216 Cibalimbing, Marwan me­negaskan gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus men­didik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu men­jaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI. “Pramu­ka itu perekat NKRI,” katanya.

Dalam momen itu, dilaksana­kan penganugerahan tanda penghargaan lencana panca­warsa kwartir daerah gerakan pramuka Jawa Barat 2018 ke­pada 44 anggota pramuka dan penyampaian hasil akreditasi gugus depan sejumlah 101. Kemudian penyerahan sertifi­kat narakarya peserta KML sebanyak 44 orang, pengukuhan anggota pramuka Garuda dari seluruh kwartir ranting sebanyak 203 orang dan penyerahan hasil pengumpu­lan sumbangan untuk korban bencana Lombok sebesar Rp72.014.700.

Selanjutnya penyerahan kunci rumah hasil pengga­langan dana renovasi Rutila­hu guru ngaji atas nama Ustadz Rosadi. Penyerahan piagam penghargaan atas prestasi kwartir ranting dalam pelaks­anaan program raihan program bumbung kemanusiaan ter­besar, program Rutilahu ter­baik, pengiriman pasukan Garuda terbanyak dan penyera­han piagam penghargaan Karya Bhakti Lebaran 2018.

”Dalam usia 57 tahun, jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah mem­berikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemim­pin bangsa Indonesia. Sampai saat ini semangat itu tidak per­nah pudar dan tidak boleh pudar,” ungkap Marwan.

Untuk itu, Marwan mengim­bau kepada publik secara luas, khususnya para orang tua dan guru, agar tidak ragu-ragu mem­berikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-put­rinya untuk mengikuti kegia­tan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

Ia juga mengajak seluruh jajaran pramuka, utamanya anggota dewasa sebagai ma­jelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur saka, agar merapatkan barisan un­tuk bekerja sama secara sin­ergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepriba­dian luhur, berkarakter, ber­watak, andal dalam berpikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara serta terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.

“Semoga penghargaan yang telah diterima dapat memacu dan mendorong untuk dapat membantu guna memajukan gerakan pramuka dalam men­capai tujuan yang dicita-ci­takan bangsa ini,” harapnya. (ade/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *