BPN Target Selesaikan PTSL di Empat Kecamatan

by -

 METROPOLITAN – Badan Per­tanahan Nasional (BPN) Kota Bo­gor menargetkan akhir 2019 Pendaf­taran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di empat kecamatan ram­pung disertifikat. Hal itu dikatakan Kepala BPN Kota Bogor, Ery Julan Pasoreh, saat peringatan Hari Agra­ria dan Tata Ruang Nasional 2018 tingkat Kota Bogor di aula Pus­dikzi, Kota Bogor, kemarin.

Menurut dia, pihaknya terus mengupayakan percepatan semua bidang tanah di Kota Bogor me­miliki sertifikat sebagai bukti hak kepemilikan atas tanah tersebut. Sebab, sebelumnya 60.000 sertifi­kat tanah yang akan diterbitkan Kantor Pertanahan Kota Bogor di dua wilayah kecamatan yakni Ke­camatan Bogor Barat dan Bogor Selatan melalui program PTSL. ”Sisanya di empat kecamatan tahun depan dan akhir 2019, sehingga seluruh bidang tanah di Kota Bogor sudah terpetakan,” kata Ery.

Baca Juga  Pasola-Ade Berhasil Kumpulkan 60 Persen Dukungan

Untuk mengurangi ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan tanah, pemberdaya­an masyarakat dalam pemanfaatan aset tanah dan penguatan hak masyarakat atas tanah/hutan adat, pemerintah telah mencanangkan Program Reforma Agraria.

Dengan terdaftarnya seluruh bidang tanah melalui PTSL, diharapkan dapat mencegah terjadinya seng­keta di kemudian hari. ”Permasala­han dan sengketa pertanahan yang dihadapi perlu penanganan dan penyelesaian secara komprehensif. Pada 2019 empat kecamatan akan di masukkan dalam target PTSL. Insya Allah pada 2019 semua bisa rampung kalau tidak ada kendala,” ujarnya.(ads/b/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.