Hat-trick Taklukkan Aragon

by -

METROPOLITAN – Masih jelas dalam ingatan bagaimana panasnya duel an­tara Marquez versus Dovizioso, yang mana DesmoDovi mampu mengoleksi dua keme­nangan pada 2017 (Red Bull Ring dan Motegi) serta satu podium tertinggi awal 2018 (Qatar).

Kali ini pun, pertarungan sengit keduanya terulang pada MotoGP Aragon, Minggu (23/9). Kecelakaan Lorenzo, high side di tikungansatu selepas start, praktis membuat perebutan kemenangan menjadi hanya milik Marquez dan Dovizioso. ­

Memang ada sosok Andrea Iannone, mengancam lima lap terakhir, namun nama Marquez- Dovizioso yang paling menonjol selama 23 lap. Duel mereka di­mulai pada Lap 14, ketika The Baby Alien menyalip rivalnya di tikungan 12.

Sejak lap pertama hingga me­masuki pertengahan balapan, Dovizioso tampil begitu dominan. Kendati demikian, Marquez terus menempel dan membayangi ke­tat pebalap Ducati itu.

Usai mengambil alih posisi puncak, pada Lap 14, Marquez tidak sepenuhnya aman. Dovi­zioso menolak menyerah. Bah­kan beberapa kali melancarkan serangan, di mana ia kembali memimpin saat enam lap ter­sisa.

Pertarungan semakin ketat da­lam tiga lap terakhir. Sang juara dunia bertahan melewati rivalnya di tikungan satu, namun dibalas Dovizioso. Seolah belajar dari lap-lap sebelumnya, Marquez mam­pu mempertahankan urutan te­ratas.

Jelang berakhirnya balapan, Marquez memacu kencang mo­tornya, sedangkan Dovizioso terlihat memilih mengamankan podium kedua, dengan finis ke­tiga direbut Iannone, sekaligus mengungguli rekan setim Alex Rins.

Kemenangan di Aragon meru­pakan hat-trick bagi Marquez, yang menguasai podium tertinggi pada 2016 dan 2017, serta meru­pakan keenam musim ini. Tetapi terpenting bagaimana ia akhirnya bisa mengalahkan Dovizioso, rival terkuatnya.

Dani Pedrosa finis kelima, di depan Aleix Espargaro dan Da­nilo Petrucci. Valentino Rossi start dari grid ke-17, memetik hasil cukup memuaskan, yakni posisi kedelapan. The Doctor menakluk­kan Jack Miller, diikuti Maverick Vinales sepuluh besar.

Lorenzo bukan satu-satunya yang tak finis, dua pebalap lainnya adalah Alvaro Bautista dan Cal Crutchlow. Sementara peng­ganti Tito Rabat, Jordi Torres, menghuni urutan terbawah. Mo­toGP berikutnya akan dihelat di Buriram, Thailand pada 7 Oktober mendatang. (ms/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *