Ini Penyebab Aliran PDAM ke Bojonggede Terganggu

by -

METROPOLITAN – PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menghentikan semen­tara pengaliran air bersih ke pelanggan di wilayah Bojong­gede dan sekitarnya. Adapun wilayah yang terdampak an­tara lain Perumahan Graha Kartika Pratama, Puspa Raya, Bambukuning, Griya Bukit Permata, Puri Citayam 1 dan 2, Delivina, Departemen Per­dagangan, Taman Raya, Gardenia, Puri Bojong Lestari, Vila Pabuaran, Gang Merpati serta Kampung Pintu Air serta jalur Bojonggede.­

Penghentian pengaliran air bersih sementara ini dilakukan sejak Rabu (12/9) malam, sete­lah diketahui terjadi putusnya pipa transmisi distribusi diame­ter 400 mm dan 250 mm yang terbentang di atas jembatan pipa jembatan Puspa Raya ke arah Bojonggede. Menurut Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan, Ha­sanudin Tahir, penyebab pu­tusnya pipa adalah terlepasnya kawat sling dari bantalannya sehingga pipa dan jembatan pipa turun ke bawah dan pipa putus atau pecah.

Saat kejadian putusnya pipa distribusi ini, lanjut dia, peng­erjaan perbaikan jembatan pipa sedang dilaksanakan, yaitu sudah tahap pembuatan pondasi atau bantalan kawat sling. Namun lantaran kondisi cuaca yang cu­kup ekstrem, posisi kawat sling semakin tidak stabil. “Agar pelayanan air bersih kepada masyarakat tidak ter­ganggu, kami sudah memasang pipa distribusi sementara dengan diameter 300 mm se­panjang 150 meter yang akan mengalirkan air bersih ke­pada pelanggan sambil menunggu pipa pemanen dikerjakan,” kata Hasan.

Ia juga menuturkan, pema­sangan pipa sementara hingga air mengalir membutuhkan waktu hingga Jumat (14/9). Untuk memenuhi kebutuhan minimum air bersih kepada pelanggan yang terganggu pen­galiran air bersih, PDAM Tirta Kahuripan Bogor akan membe­rikan bantuan air bersih secara cuma-cuma melalui mobil tang­ki. Pelanggan juga dapat meng­hubungi kantor cabang Cibinong untuk layanan tersebut. “Untuk itu, kami manajemen PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menyampaikan permo­honan maaf dan ucapan terima kasih atas kerja samanya,” pung­kasnya. (*/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *