Ini Target Firman Wijaya Sebagai Komisioner Baru Di Bawaslu Kota Bogor Sukseskan Pemilu 2019, Ciptakan Demokrasi Berkualitas

by -

METROPOLITAN – Empat belas tahun sudah Firman Wijaya berkecimpung sebagai penyelenggara pemilu di Kota Bogor. Kini ayah dua anak itu menjabat sebagai komisioner baru di Bawaslu Kota Bogor. Ia pun memiliki target bersama komisioner lain untuk menyukseskan dan menciptakan demokrasi berkualitas pada Pemilu 2019 Kota Bogor. Lalu, konsep seperti apa yang dimilikinya? Berikut wawancara Harian Metropolitan dengan pria kelahiran 3 Juli 1983 itu:

Sejak kapan Anda aktif sebagai penyelenggara pemilu di Kota Bogor?

Saya aktif sejak 2004. Awalnya saya hanya sebagai pemantau pemilu di Fo­rum Relawan Rektor tingkat Kota Bogor. Pernah juga menjadi Kelompok Penyel­enggara Pemungutan Suara (KPPS). Terakhir, sebagai anggota Panitia Pe­milihan Kecamatan (PPK) Bogor Tengah.

Sejak kapan Anda bertugas sebagai Komisioner Bawaslu?

Baca Juga  Kasus Pemerasan, Polisi Panggil Ketua LSM LAI

Saya dilantik baru tahun ini. Saya di­percaya menjadi koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kota Bogor.

Apa yang melatarbelakangi Anda mau berkecimpung sebagai penyel­enggara pemilu?

Latar belakang saya sejak saat maha­siswa sudah aktif di diskusi dan forum-forum yang mengangkat isu tentang demokrasi. Kedua, saya juga aktif di organisasi kemahasiswaan, kepemu­daan dan LSM yang banyak bersentuhan dengan isu demokrasi. Maka ketika ada kesempatan menjadi penyelenggara pemilu, saya coba mengikuti seleksi dan Alhamdulillah masuk.

Lalu, gagasan atau terobosan se­perti apa yang Anda miliki sebagai komisioner?

Gagasan saya sih sederhana. Saya ingin bagaimana demokrasi di Kota Bogor terus berkembang. Artinya, tidak sebatas kuantitas meningkatkan pemilih, tapi juga bagaimana demo­krasi itu berkualitas. Sehingga output yang didapat, terpilih orang-orang yang memiliki kapasitas dan kompe­tensi. Artinya, mereka memahami tugas pokok dan fungsi sebagai legis­latif maupun eksekutif.

Baca Juga  Satgas Kemanusiaan INH Ikut Cegah Penyebaran Corona

Apakah ada yang lain?

Ada dan ini ala­san kenapa saya lebih tertarik dengan Bawaslu. Selama ini kan orang-orang melihat penyel­enggara pemilu itu hanya KPU. Tapi secara fakta, KPU atau pelaksana pe­milu memerlu­kan partner dalam segi peng­awasan. Makanya saya ingin menga­wasi bagaimana KPU menjalankan tahapan pemilu sesuai yang sudah ditetapkan oleh mereka sen­diri.

Kemudian target apa yang ingin Anda capai?

Dua hal yang ingin saya capai. Per­tama, meningkatkan partisipasi masy­arakat untuk menyalurkan hak pilihnya. Kedua, meningkatkan partisipasi ma­syarakat dalam hal pengawasan. Tuju­annya agar Pemilu 2019 Kota Bogor ber­jalan se­suai pera­turan pe­rundang-undan­gan, kondusif dan sukses. Se­bab, kalau berkaca pada pemilu sebelumnya dan terakhir Pilkada 2018, Alhamdulillah Kota Bogor menjadi salah satu wilayah yang cukup kondusif dalam meny­elenggarakan pemilihan umum.(rez/py)

Baca Juga  PUPR Minta Pemda Duplikasi BSPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *