Kota Sukabumi Garap Koperasi Berbasis Syariah

by -

METROPOLITAN – Pendidikan perkoperasian berbasis syariah di Kota Sukabumi diresmikan. Dalam peresmian tersebut, dilakukan juga penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Deko- pinda) dengan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi. Dalam kegiatan tersebut, digelar juga seminar perkoperasian untuk Peringatan Hari Koperasi ke-71 Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, yang dipusatkan di Hotel Horison Sukabumi, kemarin (31/8).

”Sistem dan pendidikan perkoperasian sudah selayaknya dikembangkan. Salah satunya dengan menerapkan konsep koperasi berbasis syariah ini,” ujar Plt. Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Kostaman. Tidak hanya itu, koperasi syariah juga merupakan suatu lembaga yang mengembangkan dua dimensi sekaligus, yaitu dimensi sosial sekaligus dimensi ekonomi. Hal ini menunjukkan keunikan koperasi syariah yang tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menemui kesulitan untuk memahami apa itu koperasi. ”Maka dari itu, kita kembangkan dan dukung program tersebut demi memajukan perkoperasian di Kota Sukabumi,” kata Kostaman.

Selain itu menurut Kostaman, koperasi mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang berdaulat dan berkeadilan. Juga, diharapkan dengan penguatan koperasi khususnya di Kota Sukabumi ini maka pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang adil bisa semakin tumbuh dan berkembang. ”Semoga perkoperasian dapat terus membuktikan dan membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga penyerahan penghargaaan bagi pelaku koperasi yang berperestasi kategori melaksanakan RAT selama tiga tahun berturur turut awal waktu. Juara satu SMKN 2 Kota Sukabumi, juara dua SMPN 1 Kota Sukabumi dan juara tiga yaitu SMAN 2 Kota Sukabumi.

”Selamat bagi para peraih pengharagaan semoga kian semangat untuk tetap konsisten dalam menumbuhkembangkan perkoperasian di Kota Sukabumi. Juga, diharapkan bagi pelaku lainnya untuk tetap berkontribusi lebih baik lagi,” pungkasnya.(lan/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *