Pawai Obor Jaga Silaturahmi Warga Bogor Selatan

by -

 METROPOLITAN – Ribuan warga dan santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Raksabaya Bogor turun ke jalanan pada Senin (10/9) malam hari. Ini dilakukan para warga untuk menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah. “Pawai obor ini berhasil dilaksanakan berkat kerja­sama antara Ponpes bersama Kelurahan Kertamaya dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam,” kata Ketua Yayasan Ponpes Raksabaya Bogor, M Habibi Zaenal Arifin.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya bersama warga sekitar Ponpes. Kegia­tan diikuti kurang lebih sekitar seribu orang. “Kami menurunkan para santri, pengajar dan melibatkan warga sekitar. Kurang lebih ada seribu orang,” ucapnya.

Habibi berharap, melalui kegiatan ini para santri dan kaum muda mendapat­kan pendidikan tentang sejarah Islam. Sebab, kegiatan ini merupakan hal yang positif dan dapat menjadi momentum menjaga tali silaturahmi diantara se­sama masyarakat. “Harapan besarnya kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan tiap tahunnya. Karena, kegiatan ini da­pat menjadi momentum menjaga sila­turahmi warga,” ujarnya.

Sekedar diketahui, sebelum meng­gelar pawai obor, Ponpes Raksabaya terlebih dahulu menggelar dzikir dan istighosah seusai solat Ashar. Lalu, di­lanjutkan membaca manaqib dan sho­lawat usai solat Magrib. Selanjutnya, menggelar pawai obor dengan rute perjalanan dari Ponpes Raksabaya hingga perbatasan dengan wilayah Bo­jongkerta.(rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *