Pemdes Situilir Gencar Bangun Infrastruktur

by -

METROPOLITAN – Pengembangan infrastruktur Sosial Ekonomi Wi­layah (PISEW) Kabupaten Bogor, Kecamatan Cibungbulang, khus­usnya Desa Situilir, mulai direali­sasikan. Program Pengembangan Infrastruktur itu dilaksanakan langsung Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) untuk pembangunan jalan desa. Di Kecamatan Cibung­bulang terdapat empat desa yang mendapatkan program PISEW. Antara lain, Desa Situilir, Desa Si­tuudik, Desa Leuweungkolot dan Desa Ciaruteunilir.

Sementara proses pembangunan­nya dibagi tiga tahap berdasarkan anggaran yang dikeluarkan Kemen­terian Pekerjaan Umun dan Peru­mahan Rakyat (PUPR). Pembangu­nan ini bertujuan untuk membangun infrastruktur penunjang desa, se­perti jalan desa dan akses lainnya.

Kepala Desa (Kades) Situilir, Sub­han, menjelaskan, pembangunan wilayah Desa Situilir berlokasi di jalan penghubung antar-Kampung Gununghandeuleum, Desa Situilir, dengan Kampung Sindangsari, De­sa Situudik. Sistem pengerjaan rabat betonisasi jalan desa memiliki pan­jang 500 m, lebar 3 m dan tinggi 12 cm. Program ini khusus untuk jalan desa, bukan jalan kabupaten atau provinsi.

“Sasaran kegiatan program PISEW meliputi pembangunan infrastruk­tur dasar skala wilayah kecamatan berupa infrastruktur perhubungan transportasi, infrastruktur pendukung produksi pertanian, peternakan dan perikanan, industri hingga pariwi­sata,” bebernya.

Bukan hanya secara fisik, lanjut Subhan, peningkatan kapasitas dae­rah dalam pembangunan sosial dan ekonomi lokal juga dilakukan. Bah­kan, pihaknya meningkatkan kemam­puan dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan.

“Pengerjaan di Desa Situilir tidak dilakukan swakelola dan swadaya, tapi hanya dikerjakan warga atau kelompok masyarakat setempat ka­rena menimbang dari asas manfaat­nya yang lebih tinggi,” pungkasnya. (khr/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *