Siswa SMA dan Santri Digojlok Ideologi Negara

by -

METROPOLITAN – Tamansari, Dalam upaya men­anamkan rasa tanggung jawab para generasi muda terhadap kesatuan bangsa serta kecintaannya pada tanah air, Pemerintah Kecamatan Tamansari menggelar pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa yang melibatkan 100 peserta dari berbagai sekolah SMK, SMA maupun santri.

Camat Tamansari Teddy Fembang mengatakan, digelarnya pembinaan Ideologi Negara kepada siswa sekolah itu agar para siswa dan santri mema­hamii pedoman hidup dalam berfikir, baik dalam segi kehidupan pribadi ataupun umum. “Karena Hakikat ideo­logi Negara adalah nilai-nilai dasar yang disepakati oleh mayoritas warga Ne­gara dan yang ingin diwujudnyatakan dalam kehidupan bernegara,” kata dia.

Pembinaan Ideologi Negara ini, lanjut dia, dijejali materi tentang nilai-nilai dasar negara yang ingin diwujudkan melalui kehidupan. Sebab itu, pemaha­man idiologi negara harus dilakukan kepada para generasi bangsa. “Di sini saya hanya menjabarkan dan menjelas­kan bagaimana peran serta mereka da­lam rangka bela negara.

Jadi maksud pembinaan bela negara kepada mereka, bukanlah harus memanggul senjata, tapi saat ini tugas mereka hanya belajar dan ibadah,” bebernya lagi. Dalam pem­binaan ini, masih kata dia, pihaknya men­jabarkan tentang Indonesia Raya, perja­lanan bangsa. “Bukan berarti peran dan fungsi itu menjaga kesatuan NKRI hanya bagi pegawai ASN, TNI dan POLRI saja. Sebab semua warga masyarakat pun pu­nya peran dan fungsi yang sama dalam tanggung jawab bela negara serta nasio­nalisme,” pungkasnya. (khr/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *