Sukabumi Punya Kampung Anti Begal

by -

 METROPOLITAN – Tak lama lagi, di Kota Sukabumi bakal ada Kampung Anti Begal. Ya, program ini digagas oleh Ima­ge CCTV Sukabumi, perusa­haan jasa CCTV yang beralamat di Jalan Pelabuhan, Begeg, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Staf Image CCTV Sukabumi, Fawzy Ahmad mengatakan, Kampung Anti Begal ini meru­pakan implementasi dari pro­gram Corporate Social Respon­sibility (CSR) kepada Kota Sukabumi.

“Insya Allah, kami akan men­canangkan program Gerakan Kampung Anti Begal. Saat ini sedang digarap dan tidak lama lagi akan launching,” kata Faw­zy kepada

Fawzy memaparkan, Gerakan Kampung Anti Begal ini dicetus karena masih maraknya aksi begal yang kerap meresahkan masyarakat di Kota Sukabumi dan sekitarnya. Tidak hanya merampas harta benda korban, para begal pun nekad mengha­bisi nyawa korbannya tersebut.

Baca Juga  Angkot Ber-AC Dipaksa Ngandang

Untuk itu, kata Fawzy, nanti­nya sejumlah kampung di Kota Sukabumi akan dipasang beberapa unit kamera CCTV untuk memantau situasi ter­kini di kampung tersebut.

“Diharapkan dengan dipa­sangnya kamera CCTV, ketika terjadi tindakan yang tidak kita inginkan yaitu begal, kita bisa dapat memantaunya. Nah, rekaman CCTV itu kan nantinya bisa jadi bukti digital forensik untuk kepolisian untuk men­gungkap siapa pelaku begal tersebut,” ungkap Fawzy.

Baros, kata Fawzy, akan men­jadi kampung sebagai pilot project gerakan Kampung Anti Begal tersebut. Sebab di sana suda cukup banyak rumah yang memasang kamera CCTV.

“Nanti di gerakan ini ada se­macam subsidi dari kami untuk kampung yang akan disuluh menjadi Kampung Anti Begal. Kamera CCTV nanti juga akan dipasang di gapura atau tiang listrik kampung,” tutur Fawzy.

Baca Juga  Awas! Pencurian Pecah Kaca Mobil Mulai Marak

“Selain itu, kami juga akan memasang semacam papan reklame yang isinya peringatan. Semisal, ‘Kampung Ini Dia­wasi CCTV, Begal Dilarang Masuk’ dan sejenisnya,” im­buhnya. (rs/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *