Ujunggenteng bakal Punya Bandara Juga

by -

METROPOLITAN – Eks Perkebunan Cigebang yang memiliki luas sekitar 449 hektare kembali dikaji Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait rencana pembangunan Bandara Citarate di daerah tersebut. Perkebunan tersebut berada di dua desa yaitu Desa Ujunggenteng dan Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

“Perkebunan Cigebang yang dikelola PT Bumi Lestari Abadi (BLA) mulai 1986 dan berakhir Hak Guna Usaha (HGU)-nya pada Desember 2013, statusnya sudah habis HGU,” ujar Wakil Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Ujunggenteng Odang Andi Harto.

Menurut Odang, Perkebunan Cigebang terbagi di dua desa, sekitar 300 hektare berada di Desa Ujunggenteng dan 149 hektare berada di Desa Pangumbahan dengan mayoritas tanaman pohon kelapa. Menurut Odang, perkebunan Cigebang sudah empat kali disurvei Kemenhub dan yang terbaru itu oleh Direktorat Perhubungan Udara Kemenhub. Bahkan sudah ada pemasangan patok untuk pembangunan bandara sekitar 2001-2002. “Saat tadi di lokasi pun sempat menanyakan kecepatan angin, bahkan lokasi di sini Ph tanahnya bagus dan pembebasan lahan tidak akan rumit,” katanya.

Persiapan demi persiapan dilakukan pemerintah pusat terkait pembangunan Bandara Sukabumi. Yang terbaru, pihak Kemenhub kembali melakukan peninjaun di daerah Citarate yang terletak di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Citarate menjadi salah satu lokasi pembangunan bandara. Namun lokasi pembangunan bandara masih terus dikaji karena selain Citarate, ada tempat lain yang jadi pertimbangan yaitu Cikembang, Kecamatan Cikembar. (su/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *