APPSI Gali Kekayaan Kabupaten Sukabumi

by -
FOTO:IST/METROPOLITAN

METROPOLITAN – Sekretaris Dae­rah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri menerima kunjungan tim Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) terkait Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur di Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi, Keca­matan Cisolok, belum lama ini. Ke­datangan tim APPSI ini untuk meng­gali segala inovasi potensi Sumber Daya Alam (SDA), teknologi dan budaya daerah yang ada di Provinsi Jawa Barat (Jabar), salah satunya di Kabupaten Sukabumi. ­

Menurut ketua tim rombong­an, Agus Firdaus, selain meng­gali segala inovasi potensi SDA, teknologi maupun kebudayaan yang ada di suatu provinsi, ha­sil penilaian tim APPSI kemu­dian akan menjadi acuan untuk pemberian penghargaan pada kegiatan APPSI Award 2018. ”Perjalanan kami dimulai dari 7 September yang titik awalnya dari Aceh, terus bergerak ke provinsi lainnya. Dan akhirnya sampai ke Provinsi Jabar yang merupakan provinsi ke-13 yang kami kunjungi,” katanya.

Baca Juga  Berdayakan Sayur-mayur Petani

Menanggapi hal itu, Iyos men­gungkapkan rasa syukur atas dipilihnya Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi salah satu tempat yang dipilih Pro­vinsi Jabar untuk djadikan tempat penilaian tim APPSI. ”Kami sangat bangga desti­nasi wisata geopark, khususnya Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi yang sangat kental dengan kebudayaannya, dipi­lih untuk digali dan dinilai potensi nilai kebudayaan dan pariwisatanya. Namun ada tempat lainnya juga yang sila­kan untuk dilihat,” ungkap Iyos.

Tak hanya itu, tutur Iyos, Geo­park Ciletuh Palabuhanratu merupakan geopark pertama di dunia yang langsung ditetapkan dengan hanya satu kali mengaju­kan permohonan untuk ditetap­kan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. ”Potensi alam yang dimiliki kita sangat beragam, tidak perlu beberapa kali mengajukan penetapan untuk ditetapkan menjadi warisan du­nia. Hanya satu kali pengajuan, UNESCO langsung menetapkan Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi UNESCO Global Geo­park,” ucapnya.

Baca Juga  Presiden Macron Bangun Gereja Notre Dame

Karena itu, ia berharap dengan kedatangan APPSI ke wisata geopark bisa memberikan suatu perubahan dan terobosan untuk pengembangan geopark ke depan. ”Gali potensi yang ada di geopark kami,” tutupnya. (ade/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *