Bawaslu Sisir APK Melanggar

by -

METROPOLITAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor menyisir keberadaan Alat Peraga Kampanye (APK) milik caleg yang diduga melanggar zonasi pemasangan atribut. Seperti yang terjadi di Kecamatan Bogor Timur, Panwascam Bogor Timur mendapatkan dua APK yang melanggar karena dipasang di jalan protokol sekitar Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

Devisi Penindakan Panwascam Bogor Timur Suyatsan mengatakan, sejak dimulainya tahapan kampanye pada 23 September 2018, hingga kini sudah ada dua APK yang melanggar. Keduanya melanggar karena dipasang bukan pada tempatnya, melainkan di Jalan Protokol Pajajaran, Kota Bogor. Sesuai aturan, area tersebut seharusnya steril dari APK. ”Kita sudah data dan laporkan APK milik caleg yang melanggar.

Baca Juga  Tujuh Orang Mendaftar, Hanya Empat yang Jadi Kandidat Ketua Golkar Kota Bogor  

Kapan diturunkannya, masih menunggu instruksi dari Bawaslu Kota Bogor,” ujar pria yang biasa disapa Icang. Icang mengaku pihaknya selalu mengingatkan para caleg untuk menaati aturan pemilu 2019. Salah satunya wajib melaporkan ke pihak kepolisian dan tembusan ke KPU dan Bawaslu ketika akan blusukan ke masyarakat.

Sejak tahapan kampanye, Panwascam mulai pasang mata dan telinga mengawasi adanya dugaan pelanggaran kampanye. ”Jika ada caleg yang blusukan atau kampanye tanpa dilengkapi izin, terpaksa kita bubarkan,” tegasnya. Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Bogor Yustinus Eliyas mengaku pihaknya sedang menginvestigasi APK yang melanggar. Ketika sudah terdata maka secepatnya diturunkan.

Ada sejumlah lokasi yang memang tidak boleh dipasangi APK seperti tempat ibadah, lembaga pendidikan, instansi pemerintahan, jalan protokol dan jalan tol. APK dapat dibedakan menjadi empat jenis yakni baliho, billboard, videotron dan spanduk. Pelanggaran lainnya yang banyak ditemukan petugas pengawas di lapangan yakni pemasangan APK. “Ini kita sedang inventarisasi jumlahnya dan secepatnya APK yang melanggar diturunkan,” pungkasnya. (ads/b/sal/run)

Baca Juga  PDI Perjuangan Klaim Suara Jokowi Di AtasPrabowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *