Jadi Rebutan Elite Politik, Jabar Berpotensi Kacau

by -
Foto:arifin/metropolitan

METROPOLITAN – Jawa Barat (Jabar) menjadi wilayah yang secara geografis sangat strategis di pemilu 2019. Dengan jumlah pemilih lebih dari 32,4 juta jiwa, kondisi ini menjadikan Jabar sebagai rebutan semua kekuatan politik menuju pemilu 2019. Masalahnya, di tengah tensi politik yang memanas, moralitas politik seakan menjadi terabaikan.

Kondisi ini yang diprediksi dapat membuat kacau. Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Demokracy and Elektoral Empowerment Partnership (DEEP) Yusfitriadi saat diskusi bertajuk Politik Moral dan Pemilu 2019. Menurutnya, moralitas politik sejatinya menjadi hal yang sangat fundamental dalam membangun tata kelola pemerintahan, bangsa dan negara.

Sehingga melalui moralitas politik akan terwujud masyarakat yang berkemajuan dan berkeadaban. “Maka amoralitas politik mesti dikikis demi peningkatan kualitas demokrasi dan perbaikan nasib bangsa lima tahun mendatang. Seluruh pihak perlu bergandengan tangan untuk melakukan perbaikan moralitas politik.

Baca Juga  Jokowi lebih Berkuasa Daripada PDIP, Gerindra Jangan Banyak Berharap Dulu

Beragam pendekatan juga penting dilakukan demi menciptakan pemilu berkualitas dan berintegritas,” kata lelaki yang akrab  disapa Kang Yus. Menurutnya, dinamika dan dialektika jelang pemilu 2019 adalah sebuah kewajaran.

Asalkan tetap menjunjung tinggi kekuatan moral. Jika tidak, Jabar yang menjadi wilayah rebutan bisa kacau. Kang Yus melanjutkan, permisif terhadap berita bohong atau hoaks, politik SARA, politik identitas dan politik uang merupakan perilaku politik yang hanya akan mencederai demokrasi dan meruntuhkan peradaban bangsa.

“Kontestasi yang sehat dan bersih pada pemilu 2019 harus dijadikan ikhtiar dan konsensus bersama seluruh stakeholder pemilu 2019. Partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 merupakan ruang ekspresi masyarakat dalam mendorong dan mengawal penyelenggaraan pemilu yang bermoral dan bermartabat. Ini yang menjadi manifesto kami,” ungkapnya. (fin/b/sal/run)

Baca Juga  AFC U-19,Pakansari Kembali Jadi Saksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.