Kades Balekambang Ogah Cairkan Dana BUMDes

by -

METROPOLITAN – Jonggol , Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Desa Balekambang, Kecamatan Jonggol, mengeluhkan anggaran BUMDes 2016 hingga 2018 yang belum juga direalisasikan kepala desa (kades). Akibatnya, pengelola mengaku belum bisa menjalankan BUMDes.

Pengurus BUMDes Balekambang mengatakan, anggaran tersebut sampai sekarang belum dikucurkan. “Gimana kami mau berjalan untuk pelaksanaan BUMDes, soalnya anggaran saja belum diberikan desa,” katanya.

Ia menje­laskan, ang­garan untuk BUMDes Bale­kambang sebesar 20 persen seha­rusnya di­realisasikan pada 2016 dan 2018. Tapi sampai saat ini be­lum diteri­ma peng­elola. “Saya heran anggaran untuk BUMDes belum juga diberikan kepada kami,” terangnya.

Diduga, sambung dia, anggaran untuk BUMDes Balekambang mun­gkin terpakai untuk kebutuhan lain. “Kalau mungkin terpakai, tolong terus terang kepada kami,” imbuhnya.

Terpisah, Kades Balekambang, Anap Setiawan, membenarkan dana BUM­Des tidak bisa dicairkan lantaran DD yang telah diterima dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan dana talangan untuk pembangu­nan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). (has/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *