Keluarga Pasien ODGJ Digojlok Psikolog

by -

METROPOLITAN – Jasinga , Mengurangi angka Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Dinas Sosial dan Rumah Sakit Marzoeki Mah­di Bogor bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Bogor menggelar kegiatan pendampingan Psikiater dan Penyulu­han Kesehatan Jiwa di Puskesmas Jasinga Kabupaten Bogor, kemarin. Dalam kegiatan itu langsung melibatkan pasien ODGJ yang melakukan pengobatan di Puskesmas Jasinga berserta keluarga pasien dan kader pendamping.

”Saya harap dengan kegiatan ini Ke­luraga pasien bisa mengerti betapa pentingnya melakukan pengobatan terhadap pasien karena mereka (pasien ODGJ) juga berhak mendapatkan kese­hatan yakni dengan rutin mendapingi pengobatan, dan memperlakukannya dengan baik demi kesembuhan kese­hatan jiwanya”kata Kepala Puskemas Jasinga, dr Aliya, kemarin. Untuk pasien ODGJ, lanjut dia, yang ditangani Pus­kesmas Jasinga sebanyak 35 pasien.

Kabid Pencegahan dan Pengenda­lian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Agus Fauzi menga­takan program ini dilakukan di setiap Puskemas di seluruh Kabupaten Bogor. Mengingat penderita ODGJ yang se­makin meningkat dan juga untuk mem­bebaskan Kabupaten Bogor pada tahun 2019 ’bebas pasung’.

”Sengaja hari ini kami undang ada dari Dinsos, Pihak Marzuki Mandi, Keluarga Pasien ODGJ dan para pen­damping ODGJ untuk menjelaskan tentang betapa pentingnya pelatihan Pisikiater terhadap keluraga dan pen­damping atau Kader. Dan untuk me­nanggulangi Kabupaten Bogor bebas pasung,”kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Rehabilitas Sosial, Dinsos Kabupaten Bogor, Dian Muldiansyah mengatakan, penderita ODGJ di Kabupaten Bogor dari data Dinas Kesehatan itu ada 2675 orang dan untuk yang ditangani Dinsos pada tahun 2018 ini itu ada 55 pasien ODGJ dan Korban yang dipasung itu 17 orang ada yang di kerangkeng, di­rantai dan macam lainya. ”Mereka depresi berat berhalusinasi akhirnya tak terkontrol mengalami gangguan pada jiwa,”ujarnya.(kmg/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *