Lupa Sarapan Bisa Terserang Penyakit

by -

METROPOLITAN – Kesibukan yang tak mengenal waktu, membuat ba­nyak orang melupakan sarapan. Ter­kadang, sarapan digabungkan langs­ung dengan makan siang. Namun siapa sangka jika ini justru sangat membahayakan kesehatan.

Seperti penelitian di Spanyol, jika Anda melewatkan sarapan, Anda me­miliki risiko dua kali lipat mengalami ‘atherosclerosis subklinis’ yang diter­bitkan dalam Journal of American College of Cardiology. Atherosclerosis terjadi ketika timbunan lemak, koles­terol dan limbah tubuh menumpuk di dinding arteri. Akibatnya, elastisi­tas arteri berkurang yang bisa meny­ebabkan penyakit jantung coroner, angina, peripheral arteri.

Studi terbaru dilakukan Irina Uz­hova, dari Centro Nacional de Investiga­ciones Cardiovasculares Carlos III di Madrid. Hasilnya, mereka yang men­gonsumsi kurang dari lima persen asupan kalori harian mereka untuk sarapan mungkin memiliki risiko dua kali lipat aterosklerosis subklinis. Hal ini karena perlu sarapan yang mengandung energi tinggi seperti yoghurt, telur, gandum utuh dan juga buah-buahan.

Baca Juga  Hampir saja Skenario By Pass di Leher

Penelitian melibatkan 4.000 pe­serta dengan rentang usia 40-54 tahun yang tidak memiliki riwayat sakit kardiovaskular. Gaya hidup mereka dimonitor selama enam ta­hun untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini yang disertai dengan berbagai metode. Ditemukan, me­reka yang makan sedikit atau mele­watkan sarapan, cenderung memi­liki kebiasaan makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Selain itu, kelompok ini memiliki faktor risiko yang tinggi terkena penya­kit kardiovaskular dan cenderung lingkar pinggang serta BMI lebih tinggi, peningkatan kadar gula puasa, lipid darah atau lemak.

Sementara itu, profesor kedokteran di University of California, San Fran­cisco, Prakash Deedwania mengatakan, efek buruk dari melewatkan sarapan dapat dilihat pada masa kanak-kanak dalam bentuk obesitas dan meskipun mereka yang melewatkan sarapan umumnya berusaha menurunkan berat badan yang akhirnya makan lebih banyak dan makanan yang tidak sehat di kemudian hari.(kan/rez/py)

Baca Juga  Hati-Hati, Kepribadianmu Bisa Membahayakan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.