Manfaatkan Teknologi, IPB Ajak Pemuda Bertani

by -

METROPOLITAN – Mempe­ringati Hari Sumpah Pemuda, Institut Pertanian Bogor (IPB) meminta para pemuda menjadi pengusaha di bidang agromari­tim. Bukan tanpa alasan, ke­kayaan laut Indonesia yang me­limpah harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut diungkapkan langs­ung Rektor IPB Arif Satria saat memberi pemaparan diskusi ‘Pemuda di Era Agro-Maritim’ di Kampus IPB Baranangsiang, Sa­btu (27/10). “Ini merupakan momentum bagi kita. Apalagi IPB punya tanggung jawab besar menggemakan pemuda tani,” bebernya.

Ia menjelaskan, saat ini rege­nerasi petani mulai mengalami krisis seiring berkembangnya teknologi. Banyak pemuda yang enggan bercocok tanam. Padahal, bertani di era milenial seperti saat ini bukan hanya melulu bercocok tanam. Pemuda bisa menjadi pengusaha di bidang pertanian dengan menciptakan inovasi-inovasi baru. “Pemuda harus menjadi pionir dalam mencip­takan inovasi yang bisa mem­bantu perkembangan pertanian di Tanah Air. Mereka bisa mem­fasilitasi para petani yang ada di Indonesia untuk lebih berkembang dengan memanfaatkan kecang­gihan teknologi,” katanya.

Baca Juga  DAPD Fokus Perbaiki Perpustakaan Dan Arsip Desa

Saat ini, IPB sedang fokus men­ciptakan pelaku-pelaku pengu­saha muda di bidang pertanian. Tujuannya menciptakan produk-produk baru yang berdaya saing tinggi, ramah lingkungan dan halal. Arif menambahkan, proses regenerasi dipercepat dengan melibatkan perguruan tinggi pertanian dan kelautan lainnya yang ada di Indonesia. ”Dalam waktu dekat, kami berencana mengumpulkan seluruh kampus di Indonesia yang juga konsen terhadap perkembangan perta­nian Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kurun waktu 20 tahun, Arif memprediksi jumlah buruh tani berkurang. Untuk mengisi kekosongan tersebut, teknologi menjadi jawaban untuk meng­ganti kekurangan tenaga di sek­tor pertanian. (suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *