Pemdes Benteng Langsung Gandeng IPB

by -

METROPOLITAN – Ciampea , Pemerintah Desa (Pemdes) Benteng, Kecamatan Ciampea, Ka­bupaten Bogor akan beker­jasama dengan Intitut Per­tanian Bogor (IPB) mengembangkan dan membuka Desa Wisata Singkong di Kampung Gunungletik, RW05, Desa Benteng, Ci­ampea. Potensi di desa tersebut belum berdampak pada perbaikan tingkat kesejahte­raan masyarakatnya. Akar penyebab masalah ini adalah masih rendahnya keterampilan para petani dalam membuka peluang usaha lain.

Kebanyakan dari para pe­tani singkong masih men­jual singkong dalam bentuk mentah. Petani, masih mi­nim keterampilan untuk mengolah singkong men­jadi produk olahan seperti cemilan dan lain sebagainya. Karena itu perlu dilakukan terobosan desa wisata untuk mengelola potensi singkong sebagai sumber peningka­tan perekonomian masyarakat. “Pe­tani di sini kebanyakan merupakna petani singkong. Nah, mereka masih menjual dalam bentuk singkong men­tah. Kami akan bekerjasama dengan IPB untuk mengembangkan usaha,” beber Kades Benteng Faka Harika.

Baca Juga  Singkong Cegah Penyakit Stunting

Pembentukan desa wisata, lanjut Faka, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan per­ekonomian bagi para petani dan warga Desa Benteng. Potensi singkong bisa menjadi destinasi wisata agraria yang kaya pengetahuan baru bagi para pengunjung yang datang. Terle­bih, teknologi dan pengetahuan yang dimiliki IPB sangat besar untuk bisa mengeksplorasi singkong menjadi berbagai olahan. “Kedepan Wisata Singkong ini akan menyuguhkan ber­bagai macam pengetahuan bagi para pengunjung. (khr/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *