Pemdes Pasawahan Fokus Pemberdayaan di 2019

by -
FOTO:IST/METROPOLITAN

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Pasawahan, Ke­camatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi menggelar musyawa­rah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) Tahun 2019 di aula kantornya, kemarin. Kegia­tan yang dihadiri jajaran Pemdes, Bhabinkamtibmas, BPD, LPMD, Ketua RT dan RW hingga para tokoh masyarakat ini berjalan dengan lancar.

Kasi Pemberdayaan Masyara­kat di Kecamatan Cicurug, Ha­limi menuturkan usulan kegia­tan tidak bertumpu pada kegia­tan fisik tapi juga pemberdayaan. Sebab, di Desa ini banyak ke­giatan pemberdayaan yang telah dilakukan sehingga kedepannya dapat ditingkatkan. ”Apalagi kalau kegiatannya menyangkut dengan masyarakat dari seluruh kampung,” katanya.

Kendati begitu, lanjut Halimi, usulan tersebut harus mengacu pada hasil Musrenbang terha­dulu. Karena, disini akan terlihat usulan yang sudah dilaksanakan maupun yang belum. Hal ini khawatir masih ada usulan apa­lagi yang masuk skala prioritas yang belum terlaksana sehingga bisa dilaksanakan pada tahun anggaran berikutnya. ”Saya ha­rap dasar usulannya dari kebu­tuhan maayarakat dilihat dari hasil musren sebelumnya. Bila ada yang belum terlaksana bisa dinaikan kembali.” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pesawahan, Dahlan Sudarlan menuturkan bahwa pihaknya telah merealisasikan berbagai pembangunan yang telah dite­tapkan. Selain infrastruktur desa berupa kegiatan pekerjaan fisik, juga kegiatan pemberday­aan masyarakat. Bahkan, kegia­tan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pasawahan menjadi contoh Desa Pasar Kemis di Ka­bupaten Tanggerang, Provinsi Banten. ”Pembangunan itu pro­sesnya cukup panjang. Jadi se­telah dibangun harus dirawat masyarakat,” kata Dahlan.(hid/rez)

Baca Juga  Jaga Suara, BPD Siagakan Pengamanan Berlapis di TPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *