Produk Lojicraft sampai ke Mancanegara

by -

 METROPOLITAN – Kota Bogor me­miliki beragam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sudah mendunia. Salah satunya usaha yang sedang digeluti Mardiah Prahara. Wa­nita yang akrab disapa Diah ini meng­geluti usaha craft atau kerajinan tangan. Dengan latar belakang pendidikan arsitektur, Diah memiliki kemam­puan untuk mendesain atau meng­gambar. Sejak kecil, ia sering melihat proses pembuatan batik di pabrik sang kakek jadi, tidak heran kalau ia mam­pu membuat batik dengan hasil ka­ryanya sendiri. Seiring berjalannya waktu, Diah mengembangkan usa­hanya yakni, Lojicraft yang memiliki beberapa brand di dalamnya, yaitu Lojicraft, Parimas, dan Artkeds.

Lojicraft merupakan bisnis fesyen dan craft yang menjual berbagai ma­cam pakaian batik. Ia mengerjakan semuanya sendiri, membuat kain dari benang mentah, mendesain, me­masarkan dan lain sebagainya. Ia semakin mengembangkan produknya dengan berbagai pilihan, dengan me­miliki banyak koleksi untuk langsung dipasarkan, Diah juga menerima pes­anan produk. “Produk yang telah saya buat sudah dipasarkan di seluruh Indonesia, bahkan keluar negeri se­perti Australia, Rusia, Mesir, India dan lain sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga  Tak Kalah Dengan Produk Inport Tas Lokal Buah Karya AnakBogor

Wanita kelahiran Tasikmalaya 11 Juni 1966 tersebut selalu melakukan ino­vasi terhadap produknya. Saat ia mengik­uti pameran di luar negeri, sebelum berangkat ia selalu membuat produk khas Indonesia yang dikaitkan dengan negara pameran yang akan dituju. “Saat saya pameran di Rusia, sebelum be­rangkat, saya banyak membuat kain dengan gambar matryoshka, yaitu bo­neka khas Rusia. Begitu pun dengan negara-negara lainnya,” paparnya ke­pada Metropolitan.

Dengan menjaga kualitas produk, produk yang dimilikinya yakni produk ekslusif, mulai dari bahan dan motifnya, semua dibuat sendiri dan tidak akan ada produk yang sama dengan produk yang dihasilkannya. Untuk harganya, mulai dari Rp150 ribu hingga Rp1 juta, tergantung kerumitan, bahan dan mo­tif yang dibuatnya. (mgh/b/els)

Baca Juga  Eks Pedagang Surken Gulung Tikar

Leave a Reply

Your email address will not be published.