TKSK Tajurhalang Peduli ODGJ

by -

METROPOLITAN – Tajurhalang , Sinergitas an­tar lembaga yang dilakukan oleh Tenaga Kesejahtraan Sosial Keca­matan (TKSK) Tajurhalang, dalam penanganan Orang Dengan gang­guan Jiwa atau biasanya disebut (ODGJ), yang dilakukan oleh TKSK Tajurhalang, Zainul Akhsanudin patut dijadikan Contoh oleh lem­baga lain.

Saat mendapat laporan dari ma­syarakat tentang adanya ODGJ di Perumahan Sasak Panjang Permai, RT 06/12 Desa Sasakpanjang, Ke­camatan Tajurhalang, atas nama Dian Susanti, Zaenul langsung turun kelokasi dan menindaklanj­uti ke pihak pemerintah Kecamatan Tajurhalang, dan UPT Puskesmas. ”Ini pasien dengan ODGJ apapun alasanya ODGJ ini harus ditangani, saya tidak membeda-bedakan yang maua saya tolong, karena dia ber­hak memdapat perawatan. Apala­gi ini sudah punya BPJS,” ujar Za­enul kepada Metropolitan kemarin.

Bisa dilihat, lanjut Zaenul bagai­mana keadaan dan kondisi pasien, yang sehari-harinya tinggal ngon­trak ini. Tinggal bertiga dengan suami dan satu orang anaknya, sementara ibunya yang bernama Mahadewi Siregar sedang menga­lami lumpuh dan harus cuci darah seminggu sekali .

”Sementara bapaknya atas nama Abdul Rojak, yang sudah lansia tidak bekerja lagi, untuk memenuhi makan sehari-hari hanya berharap bantuan dari uluran tangan tetan­gga terdekat,” kata Zaenul.

Kasi Kesejahteraan Kecamatan Tajurhalang, Kusumyadi menga­takan, sudah menghubungi pihak UPT Kesehatan untuk segera di­tangani dan dipasilitasi.”Karena biar bagaimanapun beliau yang lebih tau prihal kesehatan dan saya pun sudah lapor ke Sekcam tentang hal ini agar segera ditindak lanjuti,” paparnya.(dyn/b/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *