Manfaat Terapi Musik Bagi Kesehatan

by -

METROPOLITAN – Berbicara soal musik, banyak hal menarik yang menjadi bahan diskusi. Dari jenis, genre dan alat musik itu sudah cukup ramai. Sebab, musik bisa menjadi magnet bagi setiap orang, baik muda maupun tua.

Bagi pecintanya, musik mampu memberikan ruang inovasi, kreatif, inspirasi bahkan kekuatan. Sering juga musik dijadikan hadiah, menjadi luapan emosi dan kerennya sering dipakai sebagai alat propaganda. Tapi apakah Anda tahu, musik juga bisa dijadikan sarana terapi?

Musik bisa jadi alat terapi untuk mengatasi masalah sosial, emosional dan perilaku kognitif, motorik maupun inderawi pada seluruh individu dari segala usia. Berikut manfaat terapi musik bagi kesehatan:

Pertama, relaksasi. Musik sangat baik karena akan memberikan kesempatan untuk kembali fresh sempurna pada tubuh dan pikiran. Dalam kondisi relaksasi akan terjadi penyembuhan alami pikiran yang semakin segar. Keseimbangan tubuh juga semakin optimal.

Baca Juga  Ilmuwan Filipina Uji Minyak Kelapa Murni pada Pasien Covid-19

Kedua, mengurangi depresi. Dalam buku ’Great Book About Music’ yang ditulis ilmuwan Arab, Abu Nasr AC – Farahi, mengatakan, musik mampu membuat tenang, meredakan rasa gelisah dan stres. Sebab, musik akan selalu mendorong perasaan rileks dan menyeimbangkan gelombang otak agar stabil.

Ketiga, kesehatan jantung. Jika Anda memiliki masalah pada jantung, Anda boleh mencoba terapi musik. Sebab, ini akan membantu detak jantung lebih stabil, tenang dan rileks.

Keempat, mempertajam daya ingat. Salah satu manfaat terapi musik yang menarik adalah mencegah kepikunan atau bisa dikatakan membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Melatih diri dengan terapi musik, otomatis melatih memori otak. Nah, musik sangat membantu proses belajar untuk anak sekolah atau akademisi.

Baca Juga  Buah Dijus Malah Kurangi Nutrisi

Terakhir, menurunkan tekanan darah. Bagi yang memiliki riwayat hipertensi boleh mencoba terapi musik dalam penyembuhannya.(akt/ rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *