Pemdes Cigombong Belum Punya BUMDes

by -

METROPOLITAN – Cigombong , Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat penting bagi sebuah desa, karena bisa menggali potensi untuk Pendapatan Asli Desa (PADes). Selain itu, lembaga tersebut juga bisa menjadi ajang perekonomian desa.

Dengan begitu, keuangan tak tergantung bantuan pemerintah kabupaten, provinsi atau pusat. Pada praktiknya, desa seperti Cigombong di tataran semi-perkotaan sampai saat ini belum memiliki BUMDes. Padahal, desa tersebut menjadi sentral perekonomian bagi Kecamatan Cigombong. Salah satu penopangnya adalah pasar yang dikunjungi masyarakat Kecamatan Cigombong dan sekitarnya.

”Untuk BUMDes baru akan dibentuk, karena harus oleh BPD baru, maka saat ini pihak desa sedang mengadakan pemilihan untuk anggota BPD,” ungkap Kepala Desa (Kades) Cigombong, Ujang Saefullah.

Baca Juga  Katar Cigombong Resmi Dilantik

Untuk bidang usaha yang nanti akan digeluti, sambung dia, sudah direncanakan yakni di bidang jasa pelayanan dan perdagangan.

”Kedua sektor usaha itu diyakini bisa memberikan keuntungan bagi keuangan Desa Cigombong,” katanya.

Sebagai pengurus BUMDes, menurut Ujang, pihak desa masih menimangnimang, siapa kiranya yang cocok untuk menjalankan amanah tersebut.

”Yang pasti, desa akan menempatkan orang yang berkompeten di bidangnya dan yang sesuai peraturan yang diterapkan pemerintah,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Desa Cigombong, Heri. Menurut dia, BUMDes Cigombong belum terbentuk, tapi saat ini sedang dalam proses pembentukan.

”Rapat terus diadakan untuk pembentukan BUMDes,” ujarnya. (ash/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.