Peparda V Jabar 2018,110 Tenaga Medis Siap Kawal Atlet

by -

METROPOLITAN – Tak kurang dari 110 tenaga medis yang masing-masing 21 petugas dokter umum, 42 perawat, 21 sopir ambulans serta 26 tenaga medis dari Palang Merah Indonesia (PMI), disiapkan untuk mengawal atlet Pekan Paralimpiade Daerah (Peparda) V Jawa Barat (Jabar) 2018.

Hal tersebut ditegaskan langsung Ketua Bidang Kesehatan Panitia Pelaksana Peparda V Jabar 2018, Erwin Suryana. “Semua tenaga medis yang akan ditempatkan di venue sudah siap melayani para atlet yang mengalami masalah kesehatan di lapangan, baik kecelakaan saat bertanding ataupun lainnya,” ujar Erwin usai memberi bimbingan taknik kepada para tenaga medis di aula Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, kemarin.

Baca Juga  Wow... Borong Enam Medali Emas!

Erwin menjelaskan, para tenaga medis tersebut sebelumnya telah bertugas pada bidang kesehatan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jabar 2018. Bahkan, tenaga medis ini sudah mendapat pelatihan sebelum porda digelar, sehingga mereka sudah paham dengan tugastugasnya di lapangan. Namun, untuk peparda sedikit ada perbedaan sehingga perlu perlakuan khusus untuk atlet-atlet penyandang disabilitas tersebut.

“Mereka akan bertugas secara profesional. Hanya saja karena perlu perlakuan khusus bagi pelayanan kesehatan atlet disabilitas, maka tim medis ini kita beri pemahaman kembali tentang pelayanan kepada atlet peparda,” tegasnya.

Tak hanya tenaga medis, lanjutnya, pihaknya juga telah menunjuk tiga rumah sakit yang menjadi rujukan para atlet jika diperlukan. Di antaranya RSUD Cibinong, RSUD Ciawi dan RS Centra Medika Cibinong. Selain itu juga dibekali 17 unit ambulans, berikut satu unit mini ICU ambulans yang nantinya bakal on time di semua venue pertandingan.

Baca Juga  Ducati Tunjukkan Dominasi

“Semua fasilitas ambulans, berikut tenaga medis, sudah bisa bekerja profesional. Bahkan semua atlet yang akan berlaga juga sudah ter-cover BPJS Kesehatan. Kita pastikan pelaksanaan Peparda V Jabar 2018 ini benar-benar berjalan aman,” tutupnya. (ogi/b/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.