Bangun Desa Hingga Tingkatkan SDM Warga

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor tengah memploting penggunaan Dana Desa (DD) III, 40 persen yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018, untuk diserap dilima lokasi.

Kepala Desa (Kades) Pabuaran Ayoh Yohana mengatakan, keseluruh kegiatan pembangunan itu senilai Rp417.859.343. Nanti, kata Ayoh, akan dikerjakan bersama masyarakat setempat, dengan program Padat Karya Tunai (PKT) dengan tujuan mutlak membangun Indonesia dari pelosok wilayah desa.

“Pengerjaan yang akan dikerjakan nanti, antara lain, pembangunan drenase di Kp Kaum RT02/06 sepanjang 150 meter, dan di Kp Kramat RT03/04 500 meter,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang) Desa Pabuaran Ian Gustam menambahkan, pengerjaan lainnya yaitu, pembangunan betonisasi jalan lingkungan (jaling, red) di kp Bangkong Reang RT03/08 sepanjang 250 meter, serta peningkatan kapasitas RT/RW di Desa Pabuaran.

Baca Juga  Targetkan Domestik Lebih Berperan

“Kami juga alokasikan DD III untuk Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pabuaran. Tujuannya, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Semoga, kelima kegiatan yang akan direalisasi pada akhir tahun ini bisa memberikan manfaat terbaik untuk warga Desa Pabuaran,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemdes Pabuaran juga sudah merealisasi penyerapan DD II, 40 persen dari APBN 2018. Diantaranya,
Betonisasi jalan desa (jaldes) sepanjang 211 meter di Kampung Sawah RT05/01. Sementara, pengecoran juga dilaksanakan di Kampung Situ RT04/02 serta  di Kampung Kaler RT04/09.  (yos/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published.