Pasar Gobang Nasibmu Kini

by -

METROPOLITAN –  RUMPIN- Pasar rakyat yang se­harusnya dirawat, ternyata jauh api dari pada panggang. Hal ini terlihat dari Pasra Gobang di Kecamatan Rumpin, sudah 24 tahun berdiri dan kini kondisinya makin mem­prihatinkan. Namun, pasar yang menjadi primadona bagi delapan desa ini nasibnya mulai tak terawat. Pemerintah desa (pemdes) pun mulai mendorong Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) Bogor mereno­vasi pasar yang buka hanya pada Rabu dan Sabtu ini.

Seperti yang disampaikan Kepala Desa (Kades) Gobang, Madharun. Ia menceritakan pada 1994 pasar ini pernah menda­pat bantuan Provinsi Jawa Barat sebesar Rp750 juta dan akan dibangun kios dan lapak arah selatan. Seiring berjalannya waktu, bangunan ter­sebut mulai rusak dan sampai saat ini belum mendapatkan bantuan pemkab.

”Saya akan mengajukan ke Dinas Perdagangan Kabupaten Bogor, mudah-mudahan diterima. Kalau diterima akan kita rehab semua supaya Pasar Gibang lebih nyaman. Untuk pengelolaan bisa masuk BUMdes. Jadi, ada kontribusi ke desa atau APBDes. Doakan saja pasar ini akan saya perjuangkan,” terangnya.

Sementara itu, penjual sembako di Pasar Gobang, Cahyadi, menga­takan, keberadaan Pasar Gobang bisa mendongkrak ekonomi ma­syarakat Gobang khususnya dan umumnya warga Kecamatan Rum­pin. Sebab, penduduk Gobang yang biasa bertani tak harus pusing menjual hasil panen tersebut.

”Hasil tani bisa dijual di pasar ini. Saya berharap pasar ini bisa direhab agar terlihat bersih dan nyaman. Saya percaya pasar ini tak akan sepi. Mengingat beberapa desa mengalami kesulitan dalam per­jalanan menuju pasar lain. Sekali lagi, doa pedagang di sini agar pa­sar bisa dipugar menjadi baik lagi,” tukasnya.(*/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *