Puskesmas Gembleng Keterampilan Kader Posyandu

by -

METROPOLITAN – JASINGA – Pembinaan kader kesehatan merupakan kegiatan dalam rangka mem­persiapkan kader kesehatan agar mampu berperan serta dalam mengembangkan program kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kepala Puskesmas Jasinga dr. Noor Alya menga­takan, walaupun belum optimal hal ini dapat dilihat dari status strata posyandu purnama dan mandiri yang mulai me­ningkat dari tahun ke tahun.

Seiring dengan berkembangnya in­formasi pihaknya terus berupaya me­ningkatkan pengetahuan dan keteram­pilan kader. Selama ini Kader Posyandu lebih sering menjadi ujung tombak pelaksana kegiatan. Bukan hanya melaks­anakan kegiatan Posyandu saja, tetapi juga merencanakan kegiatan. Mereka yang paling memahami kondisi kebu­tuhan masyarakat di wilayahnya.

”Namun masih ada Kader Posyandu yang tidak aktif, yang jumlahnya serta pengetahuan, sikap dan keterampilannya masih kurang. Bahkan ada yang belum memahami hal-hal baru berkaitan dengan kegiatan Posyandu, belum mengetahui perkembangan keadaan dan kebijakan-kebijakan baru yang berkaitan dengan pengelolaan Posyandu,” tuturnya.

Selain itu, dengan kondisi tersebut dirasa perlu penyamaan persepsi dan peningkatan kemampuan kader posy­andu terutama pengelola posyandu dan kader posyandu di wilayah kerja maka Puskesmas Jasinga. Hasilnya, setiap bulan di tujuh desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Jasinga, pihak puske­smas selalu berkoordinasi dengan lin­tas sektor terkait perkembangan pe­layanan. Petugas puskesmas membe­rikan penyuluhan mulai dari Kesehatan Lingkungan, Imunisasi, KIA KB, Penang­gulangan Penyakit Menular, Psikologi, Gizi Lansia, hingga pelatihan P3P /P3K.

Baca Juga  Gagal Menjadi Orangtua Luar Biasa Itu Normal

”Saya berharap dengan diadakannya pembinaan dan penyuluhan ini bisa menambah wawasan serta keterampi­lan kader dalam meningkatkan kegia­tan di Posyandu. Sehingga strata posy­andu akan meningkat dan dapat me­layani masyarakat di bidang pelayanan kesehatan dengan maksimal,” pung­kasnya. (kmg/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *