Warga Kertajaya Membangun Desa Semangat Lestarikan Budaya Gotong-royong

by -

METROPOLITAN  – Gotong-royong merupakan salah satu budaya Indonesia yang masih terus dilestarikan anak bangsa hingga kini. Hal itu pun masih bisa ditemui di Desa Kertajaya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Begitu kentalnya masyarakat dalam menerapkan budaya gotong-royong ini. Tak heran, hampir setiap pembangunan infrastruktur di Desa Kertajaya dikerjakan bersama-sama. Melalui Dana Desa (DD) tahap II ini, berbagai pembangunan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kepala Desa Kertamaya Rudi Jaya mengatakan, pembangunan jalan desa dan lingkungan didesanya sudah hampir 70 persen. Bantuan ini bersumber dari Dana Desa tahap II dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Untuk DD tahap II sudah terbangun di Kampung Bababakan, RT 01/06, betonisasi dengan panjang 250 meter, lebar 2 meter. Dan di Kampung Cikandanggirang, RT 01/08, sepanjang 500 meter dan lebar 2 meter menggunakan paving block,” kata Rudi.

Baca Juga  Kapan Bisa Salat Jumat Normal Lagi?

Ia menuturkan, pembangunan itu disusul lagi di Kampung Angereman dengan panjang 271 meter dan lebar 1 meter menggunakan paving block. Bantuan DD ini sekitar Rp400 juta dan telah direalisasikan di beberapa titik lokasi.

“Pada tahap selanjutnya, bantuan masih difokuskan ke infrastruktur seperti di Kampung Bojongjaya dan Bojongmede. Alhamdulillah, budaya gotog-royong di desa kami masih terpelihara dengan baik,” bebernya.

Rudi mengatakan, bukan hanya soal infrastruktur, warganya pun kompak membangun posyandu. Dan semua itu dilakukan demi mewujudkan masyarakat yang sehat.”Kesehatan adalah hak dasar hidup, makanya saya akan dorong hal itu,” pungkasnya. (mul/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *