Yuk Nyobain Nasi Kalong Legendaris

by -

METROPOLITAN – KOTA Bandung tak henti memanjakan warganya dengan beragam kesenangan. Salah satunya berbagai macam kuliner. Mulai dari kaki lima hingga restoran high end. Nasi Kalong merupakan kuliner yang legendaris dan hanya dibuka pada malam hari. Kedai yang berlokasi di Jalan RE Martadinata Kota Bandung atau lebih populer dengan nama Jalan Riau, tepatnya di samping Gereja HKBP itu mengusung konsep out­door.

Dekat meja prasmanan, ada foto-foto artis dan pejabat yang pernah menyambangi Kedai Nasi Kalong. Di antaranya Host Kuliner Bondan Wi­narno dan Wali Kota Bandung Ridwan kamil. Selain itu, ada pula belasan meja, lengkap dengan payung raksa­sa di atasnya yang sanggup menampung seratus pengunjung sekaligus.

Baca Juga  Semoga tidak Rusuh...

Semula Nasi Kalong ini cuma ber­kapasitas 20 tempat duduk, tapi dari waktu ke waktu jumlah pengunjung makin bertambah dan membeludak. Terutama setelah Bondan Winarno meliput kedai ini pada akhir 2007. Dalam acara itu, Bondan Winarno memberikan predikat top markotop untuk makanannya.

Tak aneh, nama kedai ini menjadi Nasi Kalong Top Marko Top. Selain itu, dalam penyajian­nya Nasi Kalong menggunakan sis­tem prasmanan, sehingga pengun­jung yang datang bisa ambil sepuas­nya. Nasi yang disa­jikan dalam menu ini biasanya berwarna kehitaman. Warna hitam itu berasal dari beras merah yang dimasak dengan bumbu kluwek.

Tambahan bumbu inilah yang membuat warna menjadi ke­hitaman. Nasi hitam ini juga ditambah bumbu lain, se­perti cabai, ba­wang merah, daun salam, kelapa parut dan lainnya. Alhasil, Nasi Kalong ini punya wangi yang khas dan tekstur yang pulen. (pjs/ suf/py)

Baca Juga  Manjakan Tamu, Hotel Santika Bogor Suguhkan Menu Andalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *